Saya akan membuat artikel, khususnya untuk anda yang tidak punya modal dan artinya anda modalnya minim. Jadi tidak selalu investasi itu harus modal uang. Saya tidak setuju. Nah artikel ini saya tunjukan untuk anda para pemula yang modalnya minim , tapi jika anda melakukan investasi ini besar kemungkinan anda akan jadi besar.

Jadi banyak orang selalu berkata sama saya : bahwa mereka kurang modal, mereka tidak bisa menemukan investor, mereka ga punya modal, mereka ga punya usaha.
SALAH !!
Saya selalu katakan bahwa modal itu nomer yang ke sekian. Dan kalau anda berkata : saya ga ada modal, saya ga bisa besar dll, itu salah!

Mau tau investasi apa saja yang harus anda lakukan ketika anda masih minim modal?

Nomor 1 yaitu investasi pada skill. Sekarang gini, anda mau konten video anda ramai, skill editing tidak punya, anda sekarang mau website anda dikunjungi banyak orang, tapi skill coding anda ga punya. Bagaimana anda hari ini bisa sukses? Anda tidak menguasai skill skill itu. Anda hari ini mau jadi motivator hebat, tapi skill berkomunikasi ga bisa. Skill meyakinkan ga bisa. Gimana anda hari ini mau jadi motivator hebat? Anda mau jadi penyanyi terkenal, tapi suara anda ga profesional. Parau, skill itu harus anda kuasai. Itu BASIC !!

Jaman sekarang anda jauh lebih beruntung dibandingkan jaman dulu. Jaman dulu, anda harus melewati proses seleksi, proses ini itu dan itu tidaklah mudah. Sekarang kalau anda upload youtube , semoga viral, lalu anda akan dicari sendiri, oleh pihak audisi. Anda lihat? Bukankah itu sangat luar biasa? Anda harus konsisten dengan skill.

Investasi nomor 2 yaitu edukasi. Nah sekarang edukasi anda bisa temukan di youtube. Anda mau edukasi apapun bisa. Jadi saya selalu bilang bahwa sekolah itu penting tapi tidak cukup. Jadi edukasi disini itu sangat penting. Dan kamu bisa mendapatkan edukasi itu dengan GRATIS !! Anda bisa dapet itu murah banget !! Sekarang mulai dari media sosial, anda cari edukator yang tepat dan anda mulai dari situ.

Nomor 3 yaitu kesehatan. Jack ma berkata bahwa kamu tidak akan kaya jika kamu sendiri tidak sehat. Setelah ditelusuri memang luar biasa. Karena otak saja kalau setiap hari diberikan toxic, ga di detox, maka menjadi masalah. Di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat. Itulah kenapa saya aktif untuk berolahraga. Dan banyak orang berkata pada saya, apa resep awet muda? Saya beritahu, berapa banyak suplemen yang saya konsumsi dalam sebulan? Berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan di gym? Berapa banyak biaya yang harus saya investasikan sejak saya muda? Saya tidak dapatkan kesehatan ini 1 – 2 hari. Saya menjaga kesehatan saya ini sejak saya kecil . Sejak saya remaja. Karena saya olahraga dari sejak kecil.

Nah kalau anda yang baca ini bermalas-malasan, sambil makan keripik sambil makan camilan, sambil makan burger dan anda berharap sehat, sehat dari mana? Jadi kalau anda hari ini tidak mau investasi murah, sehat aja males, push up aja males, ikut komunitas olahraga aja males, sehat darimana? Ga mungkin kalau hari ini anda bisa berkarya kalau anda tidak sehat.

Nomor 4 , buatlah prioritas. Kalau anda hari ini mau sukses, itu investasi penting, apa yang harus anda lakukan dalam seminggu ini. Percaya, kalau anda buat prioritas list, anda akan menghemat waktu 1 bulan daripada anda tidak buat prioritas sama sekali. Saya bisa sukses hari ini karena saya terbiasa membuat satu tahun saya ini harus ngapain. Satu tahun ini saya mau apa, saya mau ini ini dan ini. Dan itu jika saya bisa capai dalam waktu 3 bulan, Wow saya menghemat 9 bulan untuk saya bisa mengerjakan sesuatu untuk tahun depan.

Kalau hari ini anda tidak mau mengerjakan sesuatu, prioritas, maka anda tidak akan mencapai apapun. TRUST ME !! Itulah investasi terbaik bagi pemula.

Dan yang ke 5, mentor. Oleh sebab itu saya selalu menciptakan kata-kata YES. Karena saya tau kalau anda hari ini tidak mungkin bisa mengubah nasib kalau anda tidak mengubah komunitasmu. Anda harus mengubah komunitasmu, rubahlah lingkunganmu. Dan temukan mentor yang tepat. Anda mau jadi apa? Anda mau jadi pebisnis unggul ya anda harus cari mentor yang tepat. Niscaya, hidup anda akan berubah.

Selamat menikmati investasi pemula, dan semoga investasi pemula tanpa modal yang besar ini bisa mengubah nasib anda. Tapi percuma kalau anda tidak melakukannya. Karena anda cuma pembaca setia. Anda tidak mempraktekkannya.
Sukses untuk anda
Salam cuan hehehe

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *