Menjadi seorang miliarder bukanlah hal yang mudah dan tentunya tidak dapat terjadi dalam semalam. Bila kamu tidak terlahir kaya, maka diperlukan kesabaran dan strategi jangka panjang sebagai proses untuk sampai di tahap tersebut.

Seorang penulis buku perencanaan keuangan, Thomas J.Stanley, melakukan survey terhadap 1000 orang miliarder yang sukses membangun kekayaannya sendiri. Dalam survey tersebut, sebagaimana dilansir dari Business Insider, Ia menemukan bahwa terdapat 5 hal yang dilakukan para miliarder tersebut untuk menjadi kaya. Yuk disimak sampai habis.

  1. Belanja berdasarkan anggaran
    Kebanyakan dari para miliarder sangat patuh terhadap anggaran yang mereka buat. Para miliarder ini mengutamakan tabungan yang dipotong secara otomatis untuk biaya pensiun dan juga tujuan keuangan lainnya.

Dalam hal ini, mereka menginvestasikan setidaknya 15% dari penghasilan tahunan terlebih dahulu sebelum berbelanja makanan, pakaian, kebutuhan rumah dan konsumsi lainnya.

  1. Menggunakan jasa akuntan dan perencana keuangan
    Kesalahan dalam pengelolaan keuangan seringkali terjadi karena seseorang tidak paham betul mengenai cara menata keuangan yang baik. Maka dari itu, para miliarder cenderung mendapatkan bantuan dari perencana keuangan untuk menentukan keputusan terkait keuangan.
  2. Menginvestasikan sebagian besar penghasilan
    Seperti sudah disebutkan pada awal artikel, bahwa bila kamu tidak terlahir kaya, maka diperlukan kesabaran dan strategi jangka panjang sebagai proses untuk sampai di tahap tersebut.

Nah, salah satu strategi yang dilakukan para miliarder untuk menjadi kaya adalah dengan menginvestasikan sebagian besar penghasilannya. Rata-rata miliarder bisa menginvestasikan sekitar 20% dari penghasilan tahunannya.

  1. Menghindari pembelian kendaraan mewah
    Fakta menarik dalam survey ini adalah, sebagian besar miliarder ternyata memilih untuk mengendarai mobil bekas dan jarang ada yang membeli mobil mewah. Dalam survey Stanley, 50% miliarder tidak pernah menghabiskan lebih dari USD 29 ribu ( kurang lebih Rp. 412 juta ) untuk membeli mobil seumur hidupnya.
  2. Mengutamakan kualitas
    Tentu kamu sering mendengar kalimat “ada harga ada barang”. Itu sebabnya, meskipun mayoritas miliarder jarang membeli barang mewah, tapi mereka tetap mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Mungkin memeang diperlukan banyak uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan kualitas yang bagus. Tapi dengan begitu kamu dapat mengurangi pembelian barang yang sama secara berulang dalam waktu berdekatan.

Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh para miliarder. Mungkin kamu dapat mengikuti jejak mereka ya.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *