Nomor sebelumnya (klik disini ya)

Ke 21. Cermin memiliki arti mistis bagi masyarakat tiongkok kuno. Mereka yakin bahwa dengan melihat ke cermin, seseorang dapat memunculkan roh tersembunyi dan melindungi dirinya.

Ke 22. Pengantin wanita tiongkok mengenakan gaun pengantin merah karena ini dianggap warna keberuntungan. Sementara putih adalah warna kesedihan.

Ke 23. Jika kamu tidak menemukan lantai 4 pada bangunan tiongkok, jangan khawatir, mungkin angkanya hilang. Angka 4 diyakini sebagai angka sial. Orang bahkan tak mau menyewa apartemen dengan angka 4 pada nomornya atau alamatnya. Seperti angka 13 di negara lain.

Ke 24. Fengshui diketahui sebagai cara mengatur keseimbangan posisi furniture rumah. Tapi sebenarnya lebih dari itu. Bahan elemen alami, alam , warna dan bahkan lingkaran hidupmu, karir, pengetahuan, keluarga dll juga berperan disini. Fengshui berusia ribuan tahun.

Ke 25. Bahasa tiongkok adalah 1 dari 2 bahasa tertua yang bertahan hingga saat ini bersama dengan tamil. Usianya lebih dari 3 ribu tahun.

Ke 26. Ada lebih dari 50 ribu karakter dalam bahasa tiongkok. Kamus besar berisi dari 20 ribu karakter dan orang terpelajar hanya mengetahui sekitar 8 ribu karakter.

Ke 27. Legenda tahun baru tiongkok, menceritakan seekor makhluk seram bernama nian. yang menakuti desa-desa setiap malam tahun baru. Suatu hari seorang pria menyadari nian dapat diusir oleh suara-suara keras dan warna merah. Sejak itulah orang tiongkok menghias rumah mereka dengan warna merah dan memasang petasan.

Ke 28. Diyakini bahwa di tahun baru usia orang bertambah 1 tahun. Samma seperti hari ulang tahun biasa. Tahun baru adalah perayaan besar di negara ini dan pestanya berlangsung hingga 15 hari.

Ke 29. Ilmuwan tiongkok zhang heng menciptakan seismoskop di abad ke 2. Alat yang mirip vas bunga ini terlihat kuno. Bola perunggu yang jatuh dari salah satu naga dan masuk ke mulut kodok dibawahnya. Alat ini bekerja dengan sempurna. Dan mampu mendeteksi gempa bumi berjarak ratusan kilometer.

Ke 30. Beberapa penemuan lain yang berasal dari negara ini adalah jam mekanik pertama, busur silang, tissue toilet, kertas, pencetak blok, dan kompas. Karena mereka sudah ada lebih dari 4 ribu tahun tentunya punya banyak waktu menciptakan hal hal baru.

Ke 31. Uang kertas pertama kali digunakan di tiongkok pada abad ke 7. Terjadi kekurangan pasokan tembaga untuk memproduksi uang koin. Jadi mereka memakai uang kertas sebagai solusinya.

Ke 32. Berdasarkan cerita legenda kaisar pertama di era tiongkok kuno shano tak sengaja menemukan teh. Saat sedang merebus air di tamannya, begitulah cara beliau meminumnya, selembar daun teh jatuh ke pocinya.

Ke 33. Tapi teh kantong ditemukan jauh dari negri ini. Pada tahun 1908 seorang pedagang teh memberikan produknya dalam 1 kantong teh kecil. Seharusnya sampel itu dikeluarkan dari dalam kantong dan dimasukan ke cangkir. Tapi orang menganggap kantong itu berfungsi sebagai perendam logam tradisional.

Ke 34. Orang-orang terpelajar di era dinasti Tang menyapa dan berpamitan kepada teman mereka dengan puisi yang diciptakan saat itu juga. Mungkin ini awal mula pantun.

Ke 35. Gunung tertinggi di dunia Everest berada di perbatasan antara tiongkok dan nepal. Puncak setinggi 8.848 meter ini bertambah tinggi 5 cm setiap tahunnya karena pergerakan lempeng tektonik. Selama lebih dari 26 ribu tahun gunung itu sudah bertambah tinggi 3,2 km.

Ke 36. Semua panda di dunia adalah milik tiongkok. Panda-panda yang hidup di luar tiongkok hanya dipinjamkan. Setiap bayi panda yang lahir, dikirim ke tiongkok untuk membantu memperluas gen mereka.

Ke 37. Tiongkok adalah rumah bagi spesies pohon tertua yang dikenal dengan ginkgo. Pohon ini tidak berubah selama 200 juta tahun. dan bisa dibilang fosil bumi.

Ke 38. Ada legenda di balik zodiak tiongkok. Suatu hari ada lomba antara hewan-hewan. Tikus diminta membangunkan kucing. Tapi ia lupa. Lalu ia menumpang kerbau sepanjang pertandingan. Dan dengan cerdik melompat ke garus finish. Itu adalah tikus adalah zodiak pertama. Karena melewatkan lomba, kucing tak bisa melupakan tipu muslihat tikus. Dan inilah alasan permusuhan di antara mereka.

Designed by renata.s / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *