Tirai bambu, naga merah, raksasa tidur. Mari menyelami sejarah, legenda dan misteri bagi banyak orang. Inilah fakta-fakta tentang negeri tiongkok.

Ke 1. Dimulai dari salah satu nama populer kerajaan tengah atau zhong guo. Nama tiongkok yang paling tradisional ini sudah ada sejak awal keberadaannya. Masyarakat tiongkok kuno tidak tau dunia di luar negeri mereka. Hanya kenyataan bahwa mereka dikelilingi oleh alam di berbagai sisi. Jadi mereka pikir, mereka adalah pusat dunia. Tiongkok sebenarnya adalah satu satunya peradaban kuno yang masih tersisa. Jejaknya tercatat hingga lebih dari 40 abad yang lalu.

Ke 2. Es krim pertama berasal dari tiongkok kuno. Raja Thang dari xiang memerintahkan 94 anak buahnya pergi ke gunung untuk mengambil es. Mereka mencampurnya dengan bahan lain seperti susu kerbau dan tepung agar es krim layak disajikan bagi sang raja. Mau coba es krim rasa susu kerbau?

Ke 3. Ada yang mengatakan bahwa fakta berasal dari tiongkok. Lalu marcopolo membawanya ke italia pada abad ke 13.

Ke 4. Sumpit sudah ada selama kira-kira 4000 tahun. Tapi mulanya dibuat sebagai alat masak. Bukan untuk makan. Sumpit berguna saat mengangkat makanan panas dari panci. Dan versi alat musik dari sumpit, baru ada saat ditemukannya piano.

Ke 5. Orang tiongkok menggunakan 45 miliar sumpit setiap tahunnya. Dan sumpit tiongkok lebih panjang, tebal dan tumpul di ujungnya jika dibandingkan dengan sumpit jepang yang tipis dan lancip.

Ke 6. Kamu menggunakan ribuan saraf dan lebih dari 50 otot di jari, pergelangan, lengan dan bahu saat menggunakan sumpit.

Ke 7. Bahasa mandarin digunakan sebagai bahasa utama oleh lebih dari banyak orang dibanding bahasa atau dialek lainnya di dunia. Ada lebih dari 800 juta penurut asli bahasa mandarin sementara 1,2 miliar orang bicara dalam dialek tiongkok lainnya.

Ke 8. Shi huang adalah kaisar pertama tiongkok yang namanya diambil sebagai nama negara itu. Dalam salah satu penemuan arkeologi terpenting sepanjang masa, makam sang kaisar ditemukan tanpa sengaja pada tahun 1974 saat para petani sedang menggali sumur. Makamnya dipenuhi patung tentara berukuran asli kereta dan kuda dari tanah liat yang berasal dari abad 208 sebelum masehi.

Ke 9. Dahulu kala, hiduplah panggu, dia menetas dari telur tempatnya tidur. Maka yang pun lahir. Ialah langit dan simbol kekuatan cahaya di dunia. Yin si kekuatan hitam jatuh dan menciptakan bumi. Panggu berubah menjadi 5 gunung keramat. Matanya menjadi bulan dan matahari. Darahnya menjadi air bumi dan rambutnya menjadi rumput dan pohon. Itulah legenda tiongkok tentang kelahiran alam semesta.

Ke 10. Kacamata hitam ditemukan di negri ini pada abad ke 12. Tapi untuk fungsi yang benar-benar berbeda. Hakim-hakim tiongkok memakai kacamata hitam untuk menyembunyikan ekspresi wajah mereka selama sidang pengadilan.

Ke 11. Tiongkok merupakan rumah bagi hutan batu. Hutan yang tampak persis seperti namanya. Terdapat formasi batu-batu kapur raksasa, yang diperkirakan berusia lebih dari 270 juta tahun yang lalu. Itu saat super benua pangya masih utuh.

Ke 12. Buddha raksasa leshan adalah patung raksasa setinggi 70 meter. di provinsi sichuan. Perlu 100 tahun untuk membangunnya. Dan kaki patung ini dapat memuat 100 orang.

Ke 13. Kaisar tiongkok yakin bahwa leluhur mereka adalah naga. Itulah mengapa makhluk ini dianggap suci di negara ini.

Ke 14. Tembok besar tidaklah satu kesatuan. Melainkan terdiri dari banyak tembok. Bangunan sepanjang lebih dari 21 ribu km ini dibangun bertahap. Melibatkan 20 dinasti selama 2000 tahun.

Ke 15. Panjangnya 21 ribu km lebih panjang dari kutub utara ke kutub selatan. Tembok besar tiongkok merupakan bangunan terbesar yang pernah dibuat manusia. Orang tiongkok menyebutnya wanli changcheng. yang berarti tembok tak berakhir.

Ke 16. Saus dalam bahasa tiongkok adalah acar ikan. Awalnya sama sekali tidak ada tomat di dalam kandungannya. Saus itu terbuat dari ikan teri, jamur dan bawang putih dalam rendaman air ikan asin. Kayanya enak kalau ditambahkan di burger.

Ke 17. Permainan cuju Ditemukan sekitar abad ke 2 atau ke 3 sebelum masehi. Dan dianggap sebagai permainan sepakbola mula-mula. Nama cuju berarti bola tendang.

Ke 18. Olahraga yang membuat tiongkok unggul dalam jumlah medali emas olimpiade, pingpong. Bermula di era Victoria inggris.

Ke 20. Kue keberuntungan juga tidak berasal dari tiongkok. Kue ini diciptakan oleh seorang karyawan pabrik mie di san fransisco.

Nomor selanjutnya (klik disini ya)

Designed by renata.s / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *