Untuk part yang ke 1 (klik disini ya)

Yang ke 10. Saat masih muda dan penuh energi.
Kamu merasakan mampu melakukan segalanya. Sayangnya, tidak ada seorangpun di dunia ini yang 100% aman dari segala masalah, bencana atau penyakit. Jasa asuransi akan membantu menghemat banyak uang jika terjadi kebakaran, banjir atau kemalingan. Asuransi kesehatan adalah suatu keharusan untuk keadaan darurat yang mampu menelan biaya jutaan rupiah. Sediakan payung sebelum hujan, seandainya hal-hal buruk terjadi.

Yang ke 11. Menghemat dengan cara yang salah.
Bagaimana kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan teratur ketika kamu berusia 20 tahunan? Sangat melarat, terlalu banyak bekerja, dan tidur sebagai pengganti makan malam setiap hari karena pinjaman mahasiswa, sewa dan tagihan melahap seluruh gajimu , saya tahu, sayapun pernah begitu. Tapi berhemat dengan mengorbankan kesehatan fisik dan mental kamu bukan cara yang tepat. Ada cara yang lebih sehat untuk mengatasi keuanganmu. Diskusikan rencana pembayaran hutang dengan pemberi pinjamanmu agar sesuai dengan penghasilanmu. Jika gajimu sangat kecil sehingga tidak bisa membeli makan, Mungkin ini saat yang tepat untuk mengeosiasikan gajimu dengan mencari sesuatu yang lebih baik.

Yang ke 12. Menghindari resiko terhitung.
Ya, berganti pekerjaan adalah resiko. Terutama saat kamu membutuhkan uang, tapi jika ada keterampilan yang selalu ingin kamu pelajari, lakukanlah sekarang. Jika kamu selalu ingin memulai bisnis kecil sendiri, cobalah. Akan selalu lebih mudah dan bijaksana melakukan semua itu. Sebelum kamu harus mempertimbangkan kebutuhan orang lain. Seperti pasangan atau anak-anakmu. Resiko terhitung dan terpikirkan dengan matang seringkali sepadan. Baik secara finansial maupun kehidupan.

Yang ke 13. Tidak membahas masalah keuangan dengan pasangan.
Usia 20 an adalah langkah pertamamu untuk menjadi dewasa dan seringkali itu berarti hidup dengan pasanganmu. Dan itulah ujian yang sebenarnya. Alih-alih bersenang-senang , kini kamu akan berbagi tagihan, menyisihkan sejumlah uang untuk tujuan bersama dan membahas tentang uang atau setidaknya keuangan harus ada dalam daftar percakapanmu. Mungkin tampaknya tidak nyaman membicarakan keuangan dengan pasanganmu. Tapi kamu harus melakukannya jika berencana untuk serius dengan orang itu. Jika memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang menabung, berinvestasi dan berbelanja, kalian tak akan mungkin mencapai tujuan keuangan kalian bersama.

Yang ke 14. Memelihara hewan.
Hei, saya suka hewan peliharaan seperti tetangga. Tapi sudah pasti biayanya mahal. Makanan, mainan, vaksin, kunjungan ke dokter hewan yang tak terduga, sudah tidak sempat hampir merawat diri sendiri, bagaimana kamu bisa membawa teman berbulumu dan membelikannya semua kebutuhan itu? Hewan peliharaan mendatangkan sejumlah tumpukkan finansial. Jadi carilah peliharaan saat kamu dan rekening bankmu benar-benar siap.

Yang ke 15. Ketidaksabaran.
Menurut saya, kesalahan terbesar utama yang dilakukan orang pada usia 20 an adalah berpikir bahwa mereka harus memiliki kehidupan finansial dan profesional yang baik. Mereka mengharapkan pekerjaan pertama mereka menjadi karir ideal. Ingin segera mendapatkan apartemen atau rumah terbaik. Dan dewasa ini banyak yang tidak mau menerima hal yang kurang sempurna. Dengar, kamu akan berganti pekerjaan. Akan ada banyak masa ketika kamu perlu berhemat. Percayalah itu baik untukmu. Kamu akan melewati pengalaman baik dan buruk. Tapi semua itu akan membantumu pada akhirnya.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *