Nomor sebelumnya ( klik disini ya )

Ke 9. Pilih ukuran alat masak yang tepat.
Pilihlah alat masak yang berukuran sama dengan diameter api kompor. Kamu pasti terkejut mengetahui jika ukuran panci atau penggorengan yang salah. Hampir 50% listriknya menjadi sia-sia. Berikut untuk kompor lainnya, matikan kompor 5 menit sebelum masakan matang sepenuhnya. Kompor dan oven tetap hangat untuk waktu yang lama. Jadi masakan akan tetap matang tanpa perlu api ekstra.

Ke 10. Hemat air.
1 orang bisa menghabiskan 20-30 liter air selama menyikat gigi atau mencukur. Solusinya, matikan keran atau pancuran air saat tidak digunakan. Toilet masa kini juga memiliki pilihan penyiraman. 1 tombol menggunakan air lebih efisien. Karena hanya mengeluarkan setengah tangki air. Tidak seperti tombol yang lain. Jika toiletmu tidak memilikinya, isi botol plastik dengan air dan masukkan ke dalam tangki. Botol ini akan menggantikan jumlah air yang masuk atau keluar. Jadi kamu akan menghemat ribuan liter per tahun.

Ke 11. Gunakan mesin pencuci piring.
Percaya atau tidak, mesin cuci piring yang besar dan berdaya tinggi menggunakan air lebih sedikit daripada mencuci piring secara manual. Bahkan mesin cuci piring yang berkualitas dapat menghemat hampir 19 ribu liter air setiap tahun. Karena model baru memiliki pemanas, fitur ini memanaskan air lebih efisien dibandingkan pemanas air biasa. Ini menghemat 50% energi yang digunakan untuk mencuci tangan dengan keran.

Ke 12. Belajar memasak.
Memanjakan diri dengan makan di restoran bukan hal yang biasa. meskipun kamu memakan hidangan cepat saji yang murah. Alih-alih restoran mahal, uangmu akan tetap terkuras dibandingkan memasak sendiri. Jadi kembangkan bakat memasakmu dan bersahabatlah dengan kompormu. Agar lebih hemat lagi, buatlah rencana makanan dan daftar belanja untuk seminggu agar kamu tidak membeli makanan yang tidak diperlukan.

Ke 13. Jangan membeli mobil mahal.
Bagi kamu yang memasuki usia 20 an mobil mahal sama dengan sukses. Wow… Tapi coba pikirkan, apakah membeli sesuatu yang nilainya akan berkurang dan akan menuntut lebih banyak uang darimu benar-benar menunjukkan kesuksesan? Membeli mobil berarti juga membayar pemeliharaannya. Kecuali kamu memiliki fondasi keuangan yang baik, cobalah gunakan kendaraan yang umum atau bersepeda. Hei pengusaha besar juga melakukannya.

Ke 14. Berinvestasi di real estate.
Kecuali harus memilih hipotek, semua real estate menghasilkan uang cukup cepat. Baik kamu tinggal di dalamnya, maupun disewakan kepada orang lain. Berbeda dengan mobil, nilai properti biasanya meningkat seiring inflasi. Di kota berkembang nilainya jauh lebih tinggi. Misalkan kamu membeli rumah, seharga 1,5 miliar rupiah. Nilainya mungkin meningkat 2,5 miliar rupiah dalam beberapa tahun. Dan kamu akan bisa menyewakannya dan mendapat uang.

Ke 15. Coba hal baru.
Jangan takut mencoba hal baru selama masih muda. Misalnya pekerjaan baru. Kamu mungkin menemukan bakat yang bisa menghasilkan lebih banyak uang dan kesenangan daripada pekerjaan lamamu. Beberapa orang sadar mereka lebih pandai mengajarkan kemampuan yang mereka punya. Sehingga mereka menghasilkan uang dari mengajar kursus daring. Setelah sadar kamu tidak bisa mengembangkan karir di 1 perusahaan lebih jauh, jangan takut untuk berhenti. Ada ratusan perusahaan lain yang bisa menggajimu lebih baik untuk pengalaman dan pengetahuan kamu.

Ke 16. tinggal bersama orang tuamu.
Keadaan ini sering dijadikan ejekan bagi mereka yang tidak sukses untuk mampu tinggal sendiri. Kini banyak anak muda yang tak masalah tinggal bersama orang tua mereka. Terkadang sepertiga dari gaji mereka dihabiskan hanya untuk menyewa tempat tinggal. Itu jumlah yang besar. Dan kamu bisa menabungnya di rekening tabunganmu. Tidak semua orang termasuk orang tua akan setuju dengan kiat ini. jika kamu tidak suka, ajak teman, pasangan atau orang lain untuk menyewa tempat tinggal bersama.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *