Bagaimana cara menghemat 1 miliar saat kamu berusia 30 tahun? Menjadi jenius dan bekerja dengan gaji tinggi? Mencari kerabat kaya untuk membiayaimu? Memenangkan undian? hehe semoga beruntung ya. Atau coba dulu kiat berikut ini yang hampir 100% berhasil !! Masuk akal !!

Ke 1. Buat tabungan otomatis.
Ingin segera membelanjakan seluruh gaji setelah mendapatkannya? Ada cara menyisihkan uang untuk keadaan genting bahkan bagi kamu yang boros. Cukup buat sistem transfer otomatis ke rekening tabunganmu. Jika jumlahnya 5-10% dari pemasukan yang kedengarannya tidak banyak, kamu pasti terkejut melihat nominalnya setelah beberapa tahun. Karena kamu tidak tahu jumlahnya sebelum di transfer, keinginan berbelanja juga hilang.

Ke 2. Abaikan tren terkini.
Kamu tidak harus pergi dan membeli banyak pakaian baru hanya karena musim ini warna biru tertentu sedang trendi. Serta untuk apa mengganti ponsel baru jika yang kamu miliki masih bagus? Teknologi terbaru akan selalu ada dan tren mode selalu berubah. Jika mencoba mengikutinya kamu akan menghabiskan banyak uang demi sesuatu yang tidak pernah berakhir. Cukup beli barang-barang yang sangat diperlukan saat kamu membutuhkannya.

Ke 3. Batalkan keanggotaan klub yang tidak digunakan.
Kamu mengira dengan mendapatkan dan membayar keanggotaan di pusat kebugaran akan memotivasi mu untuk berolahraga. Tapi nyatanya tidak. Tidak ada waktu, terlalu sibuk atau alasan lainnya. Jika ada keanggotaan yang tidak dipakai, batalkan saja. Mereka menyedot uangmu secara berkala. Sama seperti vampir keuangan. Jika suatu saat memerlukannya kamu bisa memperbaruinya lagi.

Ke 4. Beli game video yang bisa dimainkan berulang kali.
Baiklah para pemain game, kini giliran kalian. Inilah hobi yang bisa menguras dompet sebanyak waktumu. Jadi kelola dengan baik dan belilah game yang bisa kamu mainkan berulang kali. Kamu bisa memainkan game teka-teki, game pencarian, dan game dengan jalan cerita interaktif untuk waktu yang lama dan lebih dari 1x. Jika yakin sudah bosan, kamu bisa menjualnya lagi atau tukarkan dengan game lain. Jika kamu punya rekomendasi game yang bisa dimainkan berkali-kali tulislah di kolom komentar.

Ke 5. Berhenti bilang : “karena aku mampu membelinya”.
Meski uangmu sudah cukup, keinginanmu menghabiskan semuanya karena mampu akan membuat peluangmu menabung dalam jumlah besar untuk masa depan akan kecil. Memang benar, kamu bisa membeli model iphone terbaru, sepatu designer, dan makan di restoran setiap hari. Pasti menyenangkan. Namun apakah kamu benar-benar memerlukannya? Orang yang menghasilkan sedikit uang tapi bijak dalam mengelolanya memiliki peluang menabung 1 miliar lebih besar dibandingkan orang yang terus berbelanja untuk pamer walaupun gajinya besar.

Ke 6. Atur termostat.
Hei sekarang kamu sudah dewasa. Jadi kamu bisa menyentuh termostat. Kini kamu akan seperti orang tuamu dengan mengatur suhu ruangan. Jangan terlalu dingin atau terlalu panas. Setidaknya pakai selimut atau buka jendela lebih dahulu sebelum bergantung pada pemanas atau ac agar tetap nyaman.

Ke 7. Cabut kabel alat yang tidak digunakan.
Mencabut kabel peralatan listrik yang tidak digunakan adalah ide yang bagus. Bahkan gawai dalam mode tidur tetap terus menghabiskan daya. Mungkin terdengar remeh. Tapi jika menjumlahkan semua energi yang kamu bayar sepanjang tahun, kamu akan terkejut dengan jumlah yang kamu keluarkan.

Ke 8. Beralih ke bola lampu LED.
Bola lampu LED lebih mahal dibandingkan dengan lampu pijar model lama. Tapi manfaatnya lebih penting daripada harganya. Bola lampu ini langsung menyala menghabiskan energi hampir 10x lebih kecil. dan menyala 10x lebih lama. Tentunya lampu harus dimatikan saat meninggalkan ruangan. Bola lampu yang menerangi ruangan kosong menghabiskan listrik lebih dari yang kamu kira. Manfaatkan sinar matahari agar tagihan listrik berkurang.

Nomor selanjutnya (klik disini ya)

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *