Patung Liberty adalah salah satu monumen paling terkenal di dunia. Orang-orang yang mengunjungi kota New York dapat melihatnya. Namun tidak banyak yang tau Lady Liberty memiliki rahasianya sendiri. Salah satunya adalah kemungkinan dia bukan seorang wanita. Nah mari kita telusuri.

Yang pertama, dulu bagian patung liberty terpisah-pisah. Memang sulit dibayangkan patung ini tiba dari Prancis pada 17 Juni 1885 dalam bentuk 300 keping tembaga. Kargo berharga ini dikemas dalam 214 peti dan dikirim dengan kapan Prancis Izyer tetapi lengan ikonik yang memegang obor tidak termasuk di dalamnya. Bagian ini dipajang di taman Medison Square selama 6 tahun untuk membantu mengumpulkan dana pembangunan fondasinya. Setibanya kapal pembawa patung itu di Amerika Serikat 200 ribu orang berkumpul untuk menyambutnya. Upacara peresmiannya langsung pada 28 Oktober 1886 dan dipimpin oleh presiden Grover Cleveland.

Yang kedua, salah satu kampanye urun dana pertama dalam sejarah. Awalnya, pematung prancis Frederic Auguste Bartholdi mengumpulkan dana di negaranya untuk membangun patung ini. Ternyata ia tidak disponsori oleh pemerintah setempat. Setelah selesai, sang pematung menawarkannya sebagai hadiah untuk Amerika dengan 1 syarat , mereka harus membangun fondasinya . Pemerintah federal merasa kurang senang dengan syarat itu. Akibatnya status patung ini tidak jelas selama bertahun-tahun. Kemudian seorang konglomerat surat kabar Amerika, Joseph Pulitzer turun tangan. Dialah orang yang memelopori salah satu kampanye urun dana terbesar pertama dalam sejarah. Dan menjanjikan apresiasi kehormatan di korannya untuk setiap kontributor. Meskipun 80% dari donasi adalah sumbangan kecil dari warga kelas menengah, Pulitzer berhasil mengumpulkan dana yang diperlukan dari lebih dari 120 ribu donor. Oh iya puisi terkenal new colossus juga merupakan bagian dari kampanye urun dana ini. Puisi ini masih dapat dilihat di pelakat perunggu di bagian interior patung.

Yang ketiga, patung liberty tidak selalu berwarna hijau. Patung liberty terbuat dari tembaga. Warna aslinya kurang lebih sama seperti uang logam 500 rupiah tahun emisi 2003. Menurut New York Historical Society warnanya berubah menjadi hijau karena oksidasi pada tahun 1920. Suatu ketika warnanya setengah cokelat dan setengah hijau. Warna barunya mampu bertahan dari restorasi. Para ahli mengatakan lapisan yang disebut patina itu tidak bisa hilang.

Yang keempat, pernah berfungsi sebagai mercusuar. Awal mulanya patung liberty adalah mercusuar. Dan 2 tahun setelah sampai di Amerika Serikat, patung ini mulai menjalankan fungsinya sebagai mercusuar, memandu kapal-kapal yang berlayar ke pelabuhan New York. Selama 16 tahun lampunya berfungsi sebagai suar. Tapi cahayanya tidak cukup terang. Dan tidak ada yang tahu bagaimana memperbaikinya. Lalu Bark Hoodie mengusulkan agar seluruh patung dilapisi emas. Dengan begitu akan terlihat lebih terang. Kongres menentang gagasannya. Karena biayanya akan sangat mahal.

Yang kelima, serba serbi angka tujuh. Sangat mudah diamati , patung liberty memiliki 7 uncung runcing di mahkotanya. Yang melambangkan kebebasan universal atas 7 samudera dan 7 benua. Referensi angka 7 yang kurang kentara terdapat pada jendela di kepalanya. Jumlahnya ada 25 jendela. Jika angkanya dijumlahkan hasilnya sama dengan 7. Ada 16 daun di sekeliling obor. Dan monumen itu sendiri tingginya 151 kaki atau 46 meter. Jumlah angka-angka itu sama dengan 7 juga. Jelas angka ini penuh arti bagi pembuat patung ini.

Yang keenam, fondasi patung dirancang oleh Gustave Eiffel. Dasar patung liberty dibangun di Forstwirt di pulau Liberty. Saat ini, tempat ini mempunyai museum yang memperlihatkan sejarah patung liberty dengan foto-foto lama , video , rekaman cerita , dan obor asli lady liberty pada tahun 1886. Insinyur terkenal Alexander Gusatve Eiffel terdengar familier membantu merancang baja yang menjaga patung ini tetap kokoh. Kerangka ini cukup kuat menahan sekitar 600 sambaran petir per tahun. Saat angin kencang, patung liberty dapat bergerak-gerak hingga sejauh 7cm. Dan obornya sekitar 12 cm. Serta menaiki sekitar 354 anak tangga untuk mencapai mahkota lady liberty. Area ini terbuka untuk pengunjung. Tetapi obornya terlarang. Ngomong-ngomong soal mengunjungi patung ini, apakah kamu pernah kesana? aku pernah. Dan aku harus menaiki 300 anak tangga ke bagian kepalanya, untuk melihat ke luar jendelanya. Tempatnya agak sesak tapi sangat keren. Apa mungkin ada monumen ikonik lain yang telah kamu kunjungi? Beri tahu di kolom komentar ya.

Yang ketujuh, kemungkinan memiliki kaitan dengan freemansory. Ada teori populer yang mengatakan patung liberty awalnya di desain berpakaian seperti wanita desa di arab dan berdiri di mulut selatan terusan Suez Mesir. Pemerintah mesir tidak mampu membelinya, sehingga Bark Hoodie mendesain ulang patung ini. Ia memakaikan baju dan nama baru lalu mengirimkannya sebagai hadiah kepada rakyat amerika untuk merayakan hari jadi revolusi amerika. Jadi apa hubungannya dengan freemansory? Bark sendiri adalah seorang freemason. Ia adalah perwakilan dari french grand orient temple masons. Sehingga ketertarikannya memang pada mesir. Konon ia ingin meletakkan patung ini di sana untuk melambangkan timur penunjuk jalan. Obor yang dipegang lady liberty adalah simbol penting dalam budaya fremansory sebagai obor pencerahan atau obor segala akal. Para anggota fremason juga turut serta dalam upacara peletakan batu pertama pada 1884 dan sang ketua William A.Brodie memimpinnya didampingi para pembesar.

Yang ke delapan, wajah patung liberty bisa saja wajah seorang pria. Saat membayangkan patung liberty apakah kamu melihatnya sebagai seorang wanita? Kebanyakan orang meyakini, wajah tersebut merupakan representasi dari dewi kemerdekaan romawi libertas. Menurut kisah yang tersebar luas. Bartholdi menggunakan wajah ibunya sebagai model. Tetapi penulis dan jurnalis Elizabeth Michelle mengklaim bahwa patung itu menggunakan wajah saudara laki-lakinya sebagai model. Ketika Elizabeth mempelajari foto-foto keluarga Bartholdi, sang penulis memperhatikan bahwa ibunya memiliki bentuk alis yang berbeda, hidung dan bibir yang lebih tipis dan mulut yang lebih kecil. Lalu ia menunjukkan kemiripan saudara laki-laki Bartholdi di masa dewasanya dengan patung liberty. Karena kondisi kesehatan mentalnya saudara laki-laki Bartholdi melewati waktu bertahun-tahun di rumah sakit. Saat inilah Frederic menghabiskan berjam-jam mengawasinya. Itu bisa membantunya memahat wajahnya dengan segala detilnya. Teori lain diusulkan oleh penulis prancis Natalie Salmon yang meyakini bahwa Bartholdi menggunakan leluhurnya Sarah Salmon sebagai model lady liberty. Menurutnya, Bartholdi menyukai fitur-fitur Sarah yang cantik. Meskipun ia telah berimigrasi ke Amerika Serikat, ia dan suaminya mengunjungi sang pematung di studionya ketika mereka berkunjung ke paris tahun 1875. Ia bisa menggunakan kesempatan itu untuk menggambar Sarah dan kemudian menggunakan gambarnya sebagai model.

Yang ke 9, ada lebih dari 1 patung liberty. Maksudnya bukan patung versi souvenir nya yang dijual di Las Vegas Boulevard. Kamu bisa melihat patung liberty kecil di Jardin Du Luxembourg di paris. Ini merupakan model asli dari kakak perempuannya yang lebih besar. Patung ini sudah ada disana sejak 1906. Setelah Bartholdi menghadiahkannya ke museum Luxembourg untuk pameran dunia tahun 1900. Versi lain dari monumen ikonik ini didirikan disebuah pulau di sungai Sein untuk merayakan peringatan 100 tahun revolusi Prancis pada tahun 1889. Monumen ini dihiasi dengan 2 tanggal 4 Juli 1776, dan 14 Juli 1789. Yang melambangkan persahabatan antara 2 negara dan pentingnya revolusi. Terdapat juga replika obornya yang berukuran sama dengan yang asli di Pont De L’alma di paris. Orang-orang dari seluruh dunia mensponsori pembangunannya sebagai simbol persahabatan prancis amerika. Replika ini didirikan tidak jauh dari menara Eiffel pada peringatan 100 tahun peresmian sang patung.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *