Kamu bangun jam 5 pagi setiap hari, bolos rapat dan malah mengobrol dengan orang asing. Kamu mandi air dingin dan ke kantor jalan kaki meskipun punya mobil. Teman-temanmu boleh menyebutmu aneh. Padahal sebenarnya kamu hanya mempraktikkan hidup seperti orang KAYA.

Jeff Bezos orang yang paling kaya di bumi menjalankan bisnisnya dengan aturan 2 pizza.
Setiap rapat amazon, pesertanya tidak boleh lebih banyak daripada potongan yang bisa dimakan dari 2 loyang pizza. Masuk akal juga, rapat dengan terlalu banyak orang tidak akan produktif. Karena banyak ide cemerlang yang bisa terlewatkan.

Tapi pengusaha Mark Cuban tidak suka rapat. Menurutnya rapat hanya buang-buang waktu karena kebanyakan pembicaraan akan melebar kemana-mana. Alih-alih rapat atau telekonferensi, dia lebih suka email. Ini jauh lebih cepat dan kamu selalu bisa melihat email sebelumnya jika lupa sesuatu.

Mark Zuckerberg punya cara wawancara yang aneh untuk calon karyawannya. Pendiri Facebook ini, bertemu dengan kandidat di kantor lalu mengajaknya berjalan santai disamping berdiskusi tentang teknologi. Kelihatannya agak aneh, tapi mungkin berjalan di luar sambil menghirup udara segar, lebih baik daripada di dalam ruangan membicarakan cita-citamu dalam 5 tahun ke depan.

Miliarder bisa mendelegasikan tugasnya pada orang lain untuk menghemat waktu dan sumber daya. Tapi Larry Page tidak akan setuju ! Co founder google ini percaya jika seseorang ahli dalam 1 hal maka dia tidak boleh mendelegasikan tugasnya pada orang lain. Atau mungkin kamu butuh lebih banyak pelatihan menunjang pekerjaanmu ini? Jadi lakukanlah sendiri. Page yakin ini bisa mengembangkan keterampilan diri.

Kalau kamu kaya, kamu bisa makan makanan paling lezat di dunia. Tapi tidak semua orang sukses melakukannya. mereka bahkan membatasi asupan makanan mereka. Steve Jobs cuma makan buah dan wortel untuk waktu yang lama karena ia yakin itu baik untuk kesehatannya.

Jack Dorsey membatasi makan hanya 7x dalam seminggu. Hanya sekali sehari. Ia juga mandi air es dan berjalan kaki ke kantor. Dia melakukan semua itu untuk meningkatkan fungsi otak dan kesehatannya. Pantangan makanan membantunya berkonsentrasi lebih baik dan berjalan beberapa kilometer setiap hari menjaga bentuk tubuhnya. Dalam sehari ia bermeditasi selama 2 jam dan berolahraga selama 7 menit alih-alih pergi ke pusat kebugaran.

Orang yang benar-benar sukses tidak mau terlihat kaya, mereka tidak mengenakan pakaian dari desginer ternama, seperti kebanyakan orang. Faktanya, jika seseorang berusaha terlihat kaya untuk membuat orang lain terkesan, mereka mungkin tidak sekaya itu. Contohnya Mark Zuckerberg yang mengenakan baju kaos dan celana jeans sederhana setiap hari. jika bertemu dengannya di jalan kamu tidak akan mengira ia adalah salah satu orang terkaya di bumi. Penampilan sederhana ini membantu Zack tetap fokus pada hal penting dan tidak membuang-buang waktu untuk memilih pakaian untuk dikenakan.

Steve Jobs juga gemar memakai pakaian sederhana. Kita semua ingat kaos turtle neck baju belel polos yang selalu dikenakannya. Dia juga tidak ingin membuang waktu untuk memilih pakaian. Omong-omong orang kaya dan sukses umumnya percaya diri dan tidak perlu pamer membuktikan sesuatu dengan menggunakan pakaian bermerek.

Pendiri Ikea Ingvar Kamprad selalu hidup sederhana. Terlepas dari penghasilannya miliaran. Dia selalu terbang dengan pesawat kelas ekonomi dan menginap di hotel murah. Kamprad mengendarai volvo 1993 selama bertahun-tahun. Menurutnya menghabiskan uang itu kebiasaan buruk.

Kita semua telah mendengar saran klise untuk merencanakan hari dan membuat agenda. Elon Musk merencanakan pekerjaannya dengan membaginya per 5 menit. Tentu saja ini membantunya mengingat tugas-tugas penting. Tapi secara psikologis cukup efektif juga. Karena disaat kamu menulis semua tujuanmu sepanjang hari, minggu, bulan dan tahun ini bisa jadi melelahkan dan tidak jelas. Merencanakannya setiap 5 menit terlihat lebih realistis dan masuk akal.

Selanjutnya (klik disini ya)

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *