Untuk melihat part 1 (klik disini ya)

Semua skema cepat kaya lainnya tidak berguna. Satu-satunya orang yang benar-benar kaya dengan skema ini adalah si pembuat acara itu. Ambil uang yang akan kamu investasikan dan sebagai gantinya keluarkan untuk pendidikan, olahraga, hobi atau proyek jangka panjang lainnya.

Membeli sesuatu yang tidak mampu kamu beli seringkali bukanlah pilihan terbaik. Tertutama jika menyangkut sesuatu yang sangat mahal. Pinjaman dan kartu kredit menghabiskan anggaranmu dengan suku bunga yang tidak adil.

Orang kaya seringkali menyewa pondokan daripada membelinya. Ini memberikan mereka kebebasan dan kemampuan untuk mengganti tempat tinggal kapanpun. Selain itu jika kamu belum menjadi jutawan, kamu harus ingat bahwa bunga pinjaman sangat besar. Dan menyewa tidak memiliki suku bunga. Namun jika kamu sudah mapan, dan ingin punya rumah sendiri jangan beli rumah mahal. Multimiliuner Warren Buffet pun tinggal di rumah kecil dan sederhana. Yang harganya hanya sebagian kecil dari uang yang dimilikinya. Dia membelinya lebih dari 50 tahun lalu dengan harga sekitar 500 juta rupiah. dan tidak pernah mengubahnya. Jika kamu sudah punya rumah besar kamu bisa memperkecilnya.

Untuk dekorasi, hindari membeli barang-barang rumah tangga yang tidak penting. Maksudnya lilin beraroma, patung, dan banyak benda dekoratif lucu lainnya yang sebenarnya tidak memberi nilai apapun pada hidup. Semua benda dekoratif itu akan berakhir di rak dan tertutup debu.

Jangan beli barang mewah menggunakan kartu kredit, dengan suku bunga tinggi. Orang kaya menjadi kaya karena membuat keputusan cerdas. Mereka tidak membeli barang yang harganya cepat turun, seringkali memilih untuk menyewanya. Pakaian, perhiasan dan bahkan arloji bisa disewa dengan mudah. Tidak perlu membuat orang terkesan dengan membuang banyak uang. Untuk pakaian tidak perlu berlebihan, barang super murah juga tidak bagus. Ini adalah ilusi hemat dengan membeli beberapa barang murah. Ilusi ini seringkali hilang saat kamu sadar benda yang kamu beli tidak akan awet. Coba beli barang yang cocok dengan pakaianmu yang lain. Dan barang yang cocok denganmu tanpa cela. Itu akan membuat barang tersebut awet.

Saat membeli gawai atau bahkan mobil kamu mungkin ditawari perpanjangan garansi. Jangan tertipu, garansi ini terlalu mahal dan seringkali bagian dari biayanya adalah komisi. lebih baik menyimpan uang itu kalau-kalau kamu memerlukan perbaikan saat garansi normal sudah berakhir.

Pernikahan mewah untuk membuat semua orang terkesan, atau menghabiskan banyak uang untuk kue pernikahan bukanlah cara terbaik untuk menginvestasikan uang hasil dari jerih payahmu. Banyak orang kaya lebih memilih pengalaman daripada barang. Jadi mungkin lebih baik berinvestasi untuk bulan madu saja.

Semoga bermanfaat dan bisa lebih menghemat uang kamu ya.
Ayo diskusikan lagi menurut kamu apa sih yang bisa dihemat dalam kehidupan ini.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *