Ini mungkin tampak menarik, namun jika kamu memotong kupon hanya untuk mendapatkan discount, kamu beresiko menghabiskan uang lebih dari rencanamu. Pada 2018 lebih dari 265 miliar kupon didistribusikan di amerika serikat. Entah kenapa bagi kita barang seharga 3 juta rupiah tampak kurang menarik daripada barang yang harganya 6 juta rupiah tapi di diskon 50%. Coba pikirkan, terkadang barang diskon bisa sangat murah, tapi jika kamu membeli barang hanya karena harganya lebih murah, pikirlah 2x. Diskon dan promosi menciptakan ilusi hemat, tapi pada akhirnya kamu mungkin akan membeli barang yang tidak perlu hanya karena harganya miring.

Mampir sebentar ke starbuck mungkin menjadi ritual harianmu , tapi pernahkan kamu menghitung berapa uang yang kamu habiskan untuk kebiasaan pagimu ini? Milenial menghabiskan lebih dari 30 juta rupiah setahun untuk kopi. Ini seringkali lebih banyak daripada yang mereka investasikan dalam dana pensiun. Coba beli cangkir termos, dan seduh kopimu dirumah.

Kita biasanya perlu minum sekitar 1,5 L air sehari dan air kemasan mungkin menjadi mahal jika kamu menghitung semua botol yang dibeli selama setahun. Totalnya, orang membeli sekitar 200 miliar botol setahun. Botol bagus berfilter yang dapat digunakan kembali akan membuatmu terhidrasi dan lebih kaya.

Kita menghabiskan banyak uang untuk hal-hal kecil dan cepat bahkan tanpa menyadarinya. Misalkan jajan di SPBU mungkin tidak mahal, tapi jika sering pada akhirnya uang yang kamu keluarkan semakin besar. Jangan berbelanja bahan makanan saat lapar dan terutama jika kamu melakukannya lebih dari sekali dalam seminggu. Kelaparan membuatmu ingin membeli lebih banyak makanan dan terkadang kamu tergoda untuk membeli makanan yang tidak kamu makan. Biasanya karena kamu lapar pada saat itu.

Makanan berkualitas buruk sudah dikemas dan lezat menyesatkan seringkali tidak memberimu cukup nutrisi dan membuatmu terus menginginkannya. Kamu dapat membuat hidanganmu lebih gurih dengan menambahkan beberapa herba. Coba berkebun sendiri dengan menanam herba dalam pot di ambang jendela.

Jangan terpaku pada tanggal kadaluarsa. Makanan yang dikeringkan seperti sereal, pasta dan beberapa biji-bijian memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih lama jika disimpan di tempat kering dan sejuk. Terkadang barang-barang kebersihan pribadi bertahan lebih lama dari yang disebutkan dalam kemasan. Trik lain untuk barang-barang kebersihan pribadi adalah tidak membeli produk perempuan. Pisau cukur dan sapu perempuan harganya jauh lebih mahal, tapi fungsinya sama seperti produk pria.

Jangan bayar orang lain untuk hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri. Baik itu perbaikan mobil, atau bahkan perawatan kuku. Sebelum mengeluarkan uang untuk layanan sederhana, pikir 2x. Bagaimana jika sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri, kita semua terkadang perlu memangkas rambut tapi apakah benar-benar layak mengeluarkan uang di tempat mahal , tempat cukur mewah? Beberapa pengusaha dan miliuner memotong rambutnya sendiri. Belilah gunting yang bagus dan kamu dapat memotong ponimu sendiri dirumah.

Untuk makan siang kamu bisa makan di luar setiap hari atau membeli makan siang yang siap makan. Tapi tupperware yang berisi makanan rumahan lebih sehat dan lebih murah. Dan ini dapat membantumu menghemat hingga jutaan rupiah sebulan.

Saat sedang berlibur kamu ingin bersenang-senang. Namun jangan berpikir kamu perlu tiket pesawat kelas 1 dan hotel bintang 5 untuk itu. Memilih suite mewah karena kamu sedang berlibur dan kamu pantas mendapatkannya adalah suatu kesalahan.

Saat berwisata, jika memilih menyewa pondokan kamu akan terkejut karena seringkali harganya lebih murah daripada hotel. Banyak pondokan yang mempunyai fasilitas yang tidak disediakan hotel seperti dapur. Bonusnya, kamu akan seperti orang lokal yang memasak makanan yang dibeli di toko kelontong dan kamu juga akan menghemat uang.

Undian mungkin tampak seperti cara hebat untuk menjadi kaya. Padahal sebaliknya, satu-satunya hal yang pasti dilakukannya adalah membakar uangmu dengan cepat. Para jutawan tidak datang ke toko swalayan semata-mata untuk membeli tiket undian. Kemungkinan besar kamu akan kehilangan 30 ribu rupiah yang kamu investasikan. Memang kelihatannya tidak terlalu banyak, tapi kebiasaan membeli kupon undian dapat menjadikannya pengeluaran besar.

Hal yang bisa diirit selanjutnya (klik disini ya)

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *