Tempat wisata di Bali sudah sangat tersohor di dunia, bahkan orang di luar negri lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia. Kenapa bisa seperti itu? Apa kelebihan Bali? Bali merupakan pulau dengan kesederhanaan akan tetapi penuh dengan kejutan keindahan, orang bule biasanya bilang : its amazing.

Setiap sudut di kota Bali sangat menawan. Bali layaknya sebuah paket hiburan bagi semua kalangan. Dengan alasan itu, banyak orang asing yang tidak mau mengangkat kaki mereka keluar dari Indonesia karena jatuh cinta dengan Bali. Sebelum liburan ke Bali, catat list kegiatan yang menarik berikut ini :

Mengunjungi Pura
Selain untuk tempat beribadah umat beragama Hindu, beberapa pura di Bali sering dijadikan sebagai objek wisata. Ribuan pura mengisi daratan Bali dengan sangat kokohnya. Sangat tepat jika Bali mendapatkan julukan Pulau Seribu Pura. Pura Bali merupakan rumah kedua warga Bali setelah rumahnya sendiri, dimana mereka akan berduyun-duyun mendatangi pura ketika momen suci tiba. Jadi cukup bijaksana ketika kita berlibur di Bali, kita menyempatkan diri mengunjungi Pura dan mempelajari adat istiadat dan ritual keagamaannya.

Berendam di Sumber Air Panas
Kenapa? karena selain kenikmatan berendam di sumber air panas, kita dapat menikmati lingkungan yang asri akan rindangnya pepohonan. Selain mengusir stress dan lelah, berendam di air panas dipercaya bakal melunturkan racun dan mencegah penyakit kulit. Beberapa pemandian, terletak di antara sawah hijau yang subur, diselingi hutan dan pepohona. Kebayangkan nikmatnya berendam air panas di tengah sejuknya udara pegunungan.

Menikmati Keindahan Bawah Laut
Bali memiliki spot menyelam yang sangat terkenal, dengan terumbu karang yang cantik dan bermacam-macam ikan. Spot untuk diving dan snorkeling yang terkenal serta menjadi lokasi favorit wisatawan, baik domestik maupun turis asing cukup banyak tersedia. Yang menarik, beberapa spot dapat digunakan oleh pemula tanpa perlu memiliki sertifikat menyelam. Bagi mereka pecinta alam, terutama dunia bawah laut, ketika berkunjung ke Bali menjadi satu keharusan untuk melakukan diving dan snorkeling.

Permainan Penuh Tantangan
Banyak sekali permainan penuh tantangan dan penuh adrenalin dengan keamanan yang sangat terjamin. Misalkan mendaki, bungee jumping, paralayang, rating, menunggangi kuda, jungle trekking dll. Permainan-permainan itu menjadikan kita lebih tangkas dan berani untuk menantang adrenalin kita. Pasti seru dan menegangkan tanpa merasa kehilangan kesenangan. Kita mengunjungi spa untuk memanjakan badan dan mengembalikan energi yang terkuras. Atau kalau tidak melakukan aktifitas yang melelahkan, minimal kita bisa melepaskan penat dan menghilangkan stress yang ada di pikiran kita. Di Bali banyak sekali tempat spa treatment bertaraf internasional untuk memanjakan diri kita.

Melihat Lumba-lumba
Di Pantai Lovina, ada tawaran menyenangkan untuk lebih dekat dengan hewan air tercerdas, si imut lumba-lumba. Hewan bermuka menggemaskan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi pantai Lovina. Sebelum menyaksikan lumba-lumba di laut lepas, kamu akan disuguhi sunrise yang sangat indah. Wisata menonton lumba-lumba di laut lepas ini tak pernah surut. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu wisata “dolphin watching” teramai di dunia.

Mempelajari Budaya Bali di Ubud
Ubud Bali merupakan kota yang paling terkenal di Bali setelah diterbitkannya buku Eat, Pray, Love oleh Elizabeth Gilbert. Ubud merupakan tempat yang paling baik untuk dijadikan wisata observasi tentang kebudayaan Bali. Banyak sekali Pura yang indah, tempat bersejarah, tari Bali, kuil monyet, dan beberapa makanan yang lezat ada di lokasi ini. Para wisatawan biasanya mengunjungi tempat ini untuk beberapa waktu. Walau hanya sekedar untuk melihat tarian Bali atau ingin lebih dekat dengan penduduk yang masih kental dengan budaya Bali.

Perjalanan ke Nusa Lembongan
Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil yang termasuk kedalam 3 bagian gugusan pulau lainnya, yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Di sini banyak tempat menarik untuk dikunjungi seperti mushroom beach, bukit panorama, wisata mangrove, blue lagoon dll. Wisatawan mulai mengenal pulau ini sebagai destinasi alternatif selama liburan di Bali. Lantaran suasana di pulau-pulau kecil lepas pantai Bali menawarkan suasana yang lebih sepi dengan pemandangan yang masih alami.

Nonton Makepung
Jika kamu ingin melihat Bali dari sudut pandang yang berbeda, datanglah saat perayaan festival budaya Makepung. Pada umumnya kerbau digunakan manusia untuk membajak sawah, tapi itu tidak berlaku di Jembrana, Bali. Di kota ini, kerbau dijadikan hiburan untuk balapan, masyarakat setempat menyebutnya Makepung. Biasanya acara besar ini dilaksanakan pada bulan Agustus untuk menyambut perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Nonton Tari Kecak di Uluwatu
Tari kecak adalah tari tradisional Bali dan drama musikal Hindu dari cerita Ramayana. Menonton sendratari Ramayana dan tari kecak di Pura Uluwatu, adalah salah satu aktivitas yang harus dicoba saat berlibur ke Pulau Dewata. Pura Uluwatu berada di atas tebing dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Disini kamu dapat menemukan keindahan budaya asli Bali yang dikemas dalam bentuk hiburan. Acara ini diadakan di Pura Uluwatu dan tersedia setiap hari sekitar jam 6 sampai jam 7 malam.

Semoga bermanfaat

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *