Pernah ga kalian berfikir kenapa kita selalu kehabisan uang? Mengapa orang mendapatkan uang jauh lebih mudah bahkan dengan effort yang jauh lebih kecil. Mengapa kita sering kehilangan kesempatan? Kali ini saya akan membantu kalian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi.

Uang adalah benda yang sangat penting dalam hidup kita. Banyak yang berbicara bahwa uang belum tentu bisa bikin kita bahagia. Tapi ga ada uang akan menyebabkan hidup kita jauh lebih menyedihkan. Mau ga mau suka ga suka uang itu sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa uang kita ga akan bisa makan. Tanpa uang kita ga bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk orang-orang yang kita cintai. Tanpa uang kita tidak akan bisa memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat dan negara. Kalau kita punya uang, uang bisa menyelesaikan hampir 80% masalah kita. Uang memang tidak bisa membeli kesehatan. Tapi uang bisa memberikan pengobatan terbaik. Uang memang tidak bisa memberikan cinta tapi dengan uang bisa menambah kebahagiaan untuk keluarga kita. Uang memang tidak dibawa mati. Tapi uang bisa memberikan jaminan yang jauh lebih layak untuk anak cucu kita. Paling tidak, dengan uang kita bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak kita.

Kalau orang yang punya uang saja belum tentu bisa bahagia. Apalagi orang yang tidak punya uang. Kalau ada orang yang bilang ia bahagia meskipun ia tidak punya uang, coba kalau ia punya uang, saya yakin ia pasti jauh jauh lebih bahagia. Intinya kalau ada orang yang bilang dia ga perlu uang, itu biasanya karena 3 hal : yang pertama adalah menghibur diri, kedua adalah karena ia malas, yang ketiga karena ia munafik. Saya ga munafik, saya perlu uang dan saya suka uang. Saya pernah loh waktu mau makan mie instan saja harus cari uang receh di laci. Saya bahkan pernah makan nasi basi dan membagi lauk makan saya untuk sehari. Saya juga pernah diusir dari tempat tinggal saya total 3x selama saya hidup hehehe.
Semuanya karena ga punya uang 🙁
Jadi kalau tidak punya uang itu saya tahu banget.

Tapi kurangnya uang ini adalah sebuah tanda. Tanda adanya hubungan yang kurang baik, antara kita dan uang. Agar semua impian kita tercapai, kita harus memperbaiki hubungan kita dulu dengan uang. Kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana kita memperbaiki hubungan dengan uang dan menjadi magnet uang.

Sebelum itu kalian harus paham kalau uang itu seperti manusia. Karena itu, seperti manusia, kita dapat menarik dan menolak uang. Seseorang menjadi sangat kaya karena ia sangat pandai menarik uang. Jadi jika kalian ingin menjadi magnet uang, kalian harus memperbaiki hubungan kalian dengan uang. Serta paham 9 sifat uang. Jika kalian paham 9 sifat uang ini. Kamu bisa menjadi magnet uang. Langsung saja dari yang pertama.

Yang pertama adalah uang suka dengan orang yang menghargainya. Sama seperti kita manusia, kita akan menghargai orang lain yang menghargai kita. Begitupula dengan uang. Karena uang seperti manusia, ia akan tertarik pada orang yang menghargainya. Menghargai uang artinya menggunakan uang sebijak mungkin. Kalau kita tidak menghargai uang, uang pasti cepat lari dari dompet kita. Seringkali kamu ga sadar kalau kamu sudah ga menghargai uang. Karena doktrin-doktrin yang salah yang ditanamkan saat kita masih kecil.

Sifat uang yang kedua yaitu uang tidak suka kepada orang yang membencinya. Bayangkan uang seperti pasangan hidup kalian. Bayangkan setiap hari kalian bilang ke partner kalian, seperti kamu jahat, kamu setan, kamu bikin keluarga susah dll. Percaya ga percaya kalau kita membenci uang, lama kelamaan uang pasti lari jauh-jauh dari kita. Banyak loh orang-orang yang secara alam bawah sadar membenci uang hanya karena doktrin yang ditanamkan saat masih kecil. Seperti uang itu kotor, uang itu jahat, uang itu mengubah orang, orang kaya masuk neraka dll. Manifestasinya bukan berarti kalian tidak bisa punya penghasilan besar. Teman-teman bisa saja punya penghasilan besar tapi karena kalian secara alam bawah sadar benci dengan uang, pengeluarannya pasti ada aja. Jika kalian punya pengalaman yang sama tulis dan cerita di kolom komentar di bawah ya jadi kita bisa diskusi lebih lanjut.

Sifat uang yang ketiga yaitu uang suka mencari tempat perlindungan yang aman. Uang suka dengan orang yang bisa memberikannya perlindungan dan bisa melipatgandakan uang. Bukan berarti kita harus bertindak seperti dukun, yang bisa melipatgandakan uang. Tapi uang akan cepat pergi dari genggaman orang yang tidak bisa memberikan uang keamanan untuk bertumbuh. Dengan kata lain jangan taruh uangmu di tempat yang ga aman. Apalagi kalau dititipkan di orang yang tidak kita kenal untuk investasi yang ga jelas. Agar kamu bisa berikan tempat yang aman buat uang, kamu harus belajar berbagai kemampuan. Untuk melipatgandakan uang. Misalkan kita belajar bagaimana berinvestasi di saham. Di properti. Atau belajar bagaimana caranya menjual, memproduksi sesuatu dll.

Sifat uang yang keempat yaitu uang tidak tahu mana yang baik dan buruk. Jadi karena uang tidak tahu mana yang baik dan yang buruk maka jangan salahkan uangnya. Di poin 1 2 dan 3 tadi saya sudah menjelaskan bahwa uang akan memilih orang yang bisa menghargainya. Bisa memberikan tempat perlindungan dan bisa melipatgandakannya. Uang tidak perduli orang itu baik atau jahat. Itulah alasannya kita bisa saja melihat orang yang kaya raya tapi berhati busuk. Bukan berarti uang itu jahat tapi kebetulan orang itu punya kemampuan untuk menarik uang.

Uang tidak berpihak pada kebaikan ataupun kejahatan. Uang berpihak kepada orang yang dapat memberikan perlindungan, kesempatan untuk bertumbuh dan orang yang menghargainya. Tapi salah sekali kalau kita mengira uang itu jahat. Karena kalau kita mengira uang itu jahat, kita malah akan menjadi penolak uang. Bukannya menjadi magnet uang.

Sifat uang yang kelima yaitu uang benci dengan orang yang serakah. Meskipun uang itu netral. Tidak tahu mana yang baik dan yang buruk, tapi uang bisa membawa bencana bagi orang-orang yang serakah. Sejarah mencatat banyak sekali orang-orang yang serakah, malah mendatangkan bencana. Yudas iskariot misalkan ia menjual Yesus, gurunya sendiri demi segepok perak. Akhirnya Yesus mati disalib dan Yudas pun mati gantung diri. Berni madoff mantan pemimpin Nasdaq, yang terbukti bersalah karena mengoperasikan bisnis penipuan skema ponzi. Ia berhasil melenyapkan uang banyak orang, senilai 65 juta dollar. Akhirnya ia dijatuhi hukuman 65 tahun, anaknya ditangkap, dan salah satu anak lainnya bunuh diri. Kekaisaran Roma harus hancur. Kekaisaran yang dibangun selama 500 tahun hancur karena keserakahan pemimpinnya.

Bangsa Roma terkenal dengan keserakahannya atas wilayah. Hingga akhirnya wilayah kekuasaannya tumbuh terlalu besar, dan menjadi susah dikontrol. Bahkan butuh waktu berbulan-bulan untuk mengirimkan maklumat dari pemerintah pusat. Karena wilayah yang terlalu luas, susah dikontrol, akhirnya bangsa Roma pecah jadi 2 bagian. Kekaisaran Roma barat dan timur. Dan ini menjadi titik kehancuran kerajaan Roma.

Ketika orang menjadi serakah, maka ia akan memutuskan sesuatu yang berbahaya untuk keamanan uang. Uang akan pergi ketika ia tahu ia dalam posisi yang tidak aman. Saya juga punya seorang teman, kisah suksesnya harus hancur karena keserakahan. Karena keserakahannya akan uang, akhirnya ia tidak dipercaya lagi teman-teman bahkan rekan bisnisnya sekalipun. Keserakahannya menghancurkan usaha bisnisnya selama bertahun-tahun dan membuatnya kehilangan berbagai peluang yang harusnya ia dapat di masa depan.

Sifat uang yang ke enam yaitu uang suka membongkar jati diri orang lain. Jangan pernah berfikir uang itu bisa mengubah orang. Uang tidak punya kekuatan atau power untuk mengubah orang lain. Tapi uang punya kemampuan untuk membongkar jati diri orang lain. Untuk mengekspos karakter yang sebenarnya. Uang bukan setan, tapi uang bisa membongkar topeng orang-orang yang berhati setan dan menunjukkan jati diri mereka yang sebenarnya. Misalnya ada orang yang arogan, suka main wanita, mabuk-mabukan, bukan berarti uang mengubah orang tersebut. Tapi karena ada uang, ia bisa terekspos karakter aslinya.

Sifat uang yang ke tujuh yaitu uang menyukai orang yang bekerja keras. Kerja keras menarik uang dan kesempatan. Uang sangat benci dengan orang yang malas dan ingin cepat kaya. Makanya orang yang malas dan ingin cepat kaya seringkali menjadi korban penipuan. Uang sangat menyukai orang yang bekerja keras karena uang tahu di tangan orang inilah ia akan dihargai, mendapat tempat yang aman dan kesempatan untuk bertumbuh.

Sifat uang yang ke delapan yaitu uang adalah bagian dari kehidupan kita. Setiap uang yang dihasilkan kalian, itu adalah bagian dari kehidupan kalian. Mungkin kalian sudah menghabiskan banyak sekali waktu untuk mendapatkan uang tersebut. Mungkin kita harus bekerja 8 jam sehari. Mungkin uang itu hasil dari pekerjaan sampingan kalian yang menunda jam tidur. Mungkin uang itu hasil belajar suatu skill selama bertahun-tahun. Jadi ketika kita membeli sesuatu dengan uang, kita sama dengan merelakan sebagian kecil kehidupan kita demi barang yang kita beli itu. Waktu adalah uang itu memang benar adanya. Jadi kalian pergunakan uang dengan sebijak mungkin, karena energi dan waktu di tempat kita itu sangat terbatas. Seberapa hebatnya kita, kita tetap terikat oleh waktu.

Sifat uang ke sembilan, menjadikan sifat uang yang terakhir yaitu uang adalah representasi dari kehidupan masa lalu teman-teman sekalian. Hubungan kita dengan uang di masa kini adalah manifestasi pengalaman di masa lalu. Misalnya kalau ada orang yang dulunya sangat miskin, ketika ia mendapatkan banyak sekali uang, kemungkinan akan ada beberapa manifestasi bila orang itu tidak berdamai dengan masa lalunya. Mungkin ia akan menjadi orang yang sangat pelit, tapi sebaliknya, ia mungkin bisa menjadi orang yang sangat boros. Karena pelampiasan keinginan yang tidak tercapai di masa lalu. Mungkin juga ia akan menjadi orang yang arogan karena merasa berkuasa dan punya banyak uang. Mungkin ia juga bisa menjadi orang yang welas asih karena ia tahu bagaimana rasanya dulu ia pernah kekurangan uang.

Renungkan 9 hal ini dan jadilah magnet uang.
Kesimpulannya adalah uang mempunyai sifat yang sama dengan kita manusia.
Uang suka sekali orang yang menghargainya.
Uang suka sekali orang yang bisa memberikannya tempat aman.
Uang suka sekali orang yang bisa melipatgandakannya.
Uang benci sekali dengan orang yang rakus dan yang posesif.

Semoga bermanfaat ya
Bagi yang membutuhkan aplikasi keuangan dan juga jasa perencanaan keuangan bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *