Coba dijawab dahulu ya. Saat ini kamu sudah kerja berapa lama? Berapa tahun? Dan apakah kamu sudah punya 100 juta pertama kamu? Pertanyaannya 100 juta pertama ya hehe wooow.
Saya sendiri kaget ternyata banyak juga bahkan orang yang umur 30 tahunan belum punya 100 juta pertamanya. So kita akan bahas gimana sih caranya mendapatkan 100 juta pertama kita.

Teman-teman semuanya. Saya sering jawab beberapa pertanyaan dari teman-teman semuanya, kebanyakan pertanyaan yang sering kali saya dapet itu ada 2 : yang pertama yaitu bagaimana cara melunasi hutang? yang kedua adalah bagaimana caranya financial freedom?
Tujuannya kayanya panjang banget gitu hehe.

Saya sering berfikir seperti ini : ini orang-orang yang tanya financial freedom itu apakah mereka sudah punya 100 juta pertamanya? Saya berfikir seperti itu. Kemudian saya melakukan riset kecil, saya banyak bertanya kepada beberapa orang : apakah kamu sudah punya 100 juta pertama kamu dan berapa umur kamu sekarang? Saya kaget dengan hasilnya ternyata banyak juga orang-orang usia 30 tahunan yang belum punya uang 100 juta pertama mereka. Saya juga bingung sih. Apakah strateginya yang salah? Cara mengatur keuangannya yang salah? Income nya terlalu kecilkah? Nah akhirnya inilah yang memutuskan saya menulis gimana sih caranya dapetin 100 juta pertama kamu.

Saya punya quote yang bagus banget. A journey of a thousand miles begins with single step. Dari Konfusius. Perjalanan yang jauh ribuan mil itu di mulai dengan langkah pertama. Cuma banyak orang yang masih berfikir atau punya mental block : punya 100 juta pertama itu gampang asal income nya besar. Tapi kalau income nya kecil, UMR. Mana bisa punya 100 juta pertama? Atau ada juga yang berfikir seperti ini : saya kan baru mulai kerja , atau baru mulai bisnis , atau baru gabung di perusahaan agency , mana mungkin 100 juta pertama?

Teman-teman saya mau share. Apa yang kamu doakan itu yang kamu dapat. Kalau kamu percaya kamu ga bisa punya duit 100 juta pertama kamu, ya nanti kenyataannya kamu tidak akan pernah bisa dapat 100 juta pertama kamu itu. Tapi kalau kamu melepaskan itu, side a side singkirkan pemikiran itu dan berfikir : bagaimana ya caranya supaya saya sampai ke 100 juta pertama saya? Nah otak kamu akan berfikir menuju ke arah sana. Bergerak ke arah sana. Suatu saat pasti akan nyampai ke 100 juta pertama kamu. Saya yakin.

The single step is : siapkan dana darurat. Teman-teman dana darurat ini atau dana talangan ini adalah dana yang harus disiapkan untuk keperluan mendadak. Caranya gimana? Dengan konsistensi dan tekad kuat untuk menabung dan menyiapkan dana darurat tersebut. Contoh sebulan 1 juta 1 juta 1 juta terus menerus secara konsisten. Di akhir tahun pertama kamu kekumpul dana darurat sebesar 12 juta. Nah jika kamu sudah berada di tahap itu. Saya akan mengucapkan SELAMAT! itu adalah single step kamu. Paling tidak kamu punya 12 juta pertama kamu. 12 juta dari target kita yakni 100 juta. Berarti kamu sudah bergerak sebesar 12%. Nah sekarang kita tinggal mencari sisanya nih ya.

Sisanya dengan menggunakan perencanaan keuangan. Katakanlah bulan pertama dengan tekad kuat dan pikiran positif terus menerus kamu berhasil mengumpulkan setiap bulannya 2 juta. Maka di akhir tahun kamu punya lagi uang 24 juta. 24 juta lagi kamu kumpulkan dari 100 juta. Maka kamu sudah maju lagi 24%. Itu sangat baik ya teman-teman. So bagaimana selanjutnya?

Selanjutnya kita lakukan yang namanya financial planning. Seandainya kamu tidak pakai investasi. Maka yang harus dilakukan adalah 100 juta – 36 juta maka sisanya itu 64 juta lagi. Dari 64 juta ini kita target untuk diri kita sendiri misalkan 3 tahun. Jadi 64 juta itu di bagi 3 tahun. Jawabannya kira-kira 1,8 juta setiap bulannya selama 3 tahun. Nah itu langkah pertama ya. Langkah kedua kamu bisa pakai investasi atau perencanaan keuangan. Langkah ketiga yang tidak bisa dipungkiri adalah tambah income kamu tentunya. Tambah penghasilan kamu.

Kalau kamu seorang sales. Kamu bekerja di kantoran misalkan. Atau kamu freelancer. Pasti punya target bulanan kan? Nah kamu harus usahakan kejar targetnya mati-matian. Jangan hanya memenuhi target saja. Tapi bisa melebihi target. Dengan melebihi target kamu bisa mendapatkan tambahan income. Dapat bonus. Nah kamu bisa pakai itu untuk nambah porsi uang yang dikumpulkan tadi.

Pertanyaan lainnya yang seringkali ditanyakan adalah bagaimana cara menambah pemasukannya agar lebih cepat? Mau tidak mau, suka tidak suka kamu harus upgrade skills kamu dong.. upgrade knowledge kamu. Banyak belajar hal baru. Dobrak zona nyaman kamu dan cari uang sebanyak mungkin di luar sana. Tapi ingat dengan cara-cara yang baik ya. Karena dengan hal baik akan kembali baik. Namun sebaliknya jika kamu menggunakan hal yang tidak baik. Hal tidak baik juga yang akan datang kepada kamu. Senantiasa berdoa dan berfikir positif ya teman-teman.

Oke mungkin segitu aja semoga membantu.
Jangan lupa jika kamu membutuhkan aplikasi keuangan dan jasa perencanaan keuangan kamu bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *