Artikel ini ditujukan untuk kalian yang mencari saham-saham terbaik untuk disimpan jangka panjang. Khususnya yang ingin berinvestasi di atas 5 tahun sampai belasan atau mungkin puluhan tahun.

Kita akan khusus membahas saham-saham yang fundamentalnya bagus, dan juga layak untuk investasi jangka panjang. Pilihan sahamnya ini lintas sektor jadi bisa juga dipertimbangkan ya, kemudian ini juga sifatnya referensi bukan rekomendasi jual maupun beli. Pastikan kalian lakukan research secara mandiri, dan juga jangan lupa walaupun ini investasi jangka panjang, selalu lakukan research berkala setiap tahun. Jadi perusahaan-perusahaan yang akan dibahas perlu juga dilakukan cek berkala setiap tahunnya supaya kita masih bisa tahu apakah perusahaan masih baik atau tidak.

Langsung aja ya kita bahas yang pertama dan keempat itu ada saham dari sektor perbankan yakni BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI. Ini adalah bank-bank terbesar dan raksasa di Indonesia. Daya tarik ke 4 saham ini ada beberapa ya :

  1. Sektor usaha bank itu sangat menarik. Karena margin keuntungannya bisa dibilang cukup bagus. Dan salah satu sektor yang terus bertumbuh.
  2. Bank-bank ini adalah raksasa dan terbesar di Indonesia. Jadi mereka mempunyai kekuatan dan aset yang besar yang menjadi modal mereka untuk berbisnis di Indonesia dan menghasilkan keuntungan terus menerus.
  3. Kemudian pertumbuhan kinerjanya bagus.
  4. Fundamentalnya bagus dan juga rutin membagikan dividen.

Kemudian untuk saham ke 5 dan ke 6 yakni INDF dan ICBP. Kalau indofood itu adalah perusahaan yang grupnya itu seluruh dari lini bisnisnya indofood. Sedangkan kalau ICBP itu fokus kepada produk-produk bermerk milik INDF itu sendiri. Terutama produk-produk consumer. Daya tarik dari ke dua saham ini adalah mereka ini grup perusahaan raksasa. Kemudian fundamentalnya bagus dan terus bertumbuh juga. Bahkan saat 2020 ini bisnis mereka masih bertumbuh dari segi profit yang cukup menarik. Untuk jangka panjang, sektor consumer goods itu merupakan sektor yang cukup menarik. Mereka juga mempunya history pembagian dividen yang cukup panjang yang bisa juga menjadikan sumber dividen kita.

Untuk saham ke 7 dan 8 yakni TLKM dan ASII. Kalau TLKM merupakan perusahaan telekomunikasi yang menjadi market leader di Indonesia. Kalian yang pakai telkom nah itu induk usahanya PT. Telkom ya. Telkom ini sekarang di tahun 2020 ini harganya cukup murah ya. Karena penurunan harga sahamnya cukup dalam. Kemudian ASII adalah perusahaan yang mempunyai banyak sekali lini bisnis mulai dari otomotif, pertambangan, agribisnis dan jasa lainnya. Track Record nya panjang ya.

Saham ke 9 dan 10 yakni SIDO dan UNVR. Kalau sidomuncul adalah perusahaan yang memproduksi produk seperti kukubima energy, tolak angin, dll. Daya tariknya yaitu fundamentalnya bagus dan bertumbuh. Mereka juga rajin bagi dividen dengan yield yang lumayan. Dan saat ini di tahun 2020 market cap sidomuncul itu masih tergolong kecil di angka 20 Triliunan dan berpeluang makin membesar di masa depan karena jika pertumbuhannya bagus maka kapitalisasi pasarnya juga akan meningkat. Sedangkan untuk UNVR itu kita pakai produknya sehari-hari ya. Setiap hari hampir kita pakai produk dari mereka. Mereka punya lebih dari 40 brand product. Ada di bidang persabunan, masakan, rumah tangga dll. Mereka juga adalah raksasa consumer goods di Indonesia. Sayangnya kekurangan UNVR adalah valuasi sahamnya yang sudah mahal banget. karena Pricening ratio nya diatas 40x. Tapi dari segi fundamental mereka mempunyai kinerja yang bagus banget.

Untuk yang membutuhkan aplikasi keuangan dan juga jasa perencanaan keuangan bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *