Untuk membayar hutang yang menumpuk, kita tidak hanya mengumpulkan uang saja. Tapi saya akan share beberapa trik yang bisa dilakukan agar hutang bisa segera kita lunasi.

Pilihan biaya hidup lainnya mungkin membuat kita menjadi sangat kebingungan, apalagi ketika kalian mempunyai hutang, biasanya kalian akan mendapatkan bunga dan juga ada masa jatuh tempo yang membuat kita harus segera melunasinya supaya tidak semakin membengkak. Oleh karena itu ada beberapa trik yang bisa kalian lakukan untuk segera melunasi hutang diantaranya :

  1. Membayar hutang yang memiliki bunga lebih tinggi terlebih dahulu. Jika kalian terlilit banyak hutang, kalian harus bisa melihat kira-kira hutang mana yang bunganya lebih tinggi. Kalian harus prioritaskan untuk membayar bunga tersebut dan hutan tersebut. Sehingga kalian bisa secara perlahan bisa melunasi hutang-hutang tersebut. Karena , hutang yang memiliki bunga besar biasanya akan memberikan tekanan yang lebih besar juga kepada kita, dan jika semakin ditunda maka akan semakin menumpuk dan bisa-bisa bunganya justru lebih besar daripada hutangnya loh.
  2. Membayar atau melunasi hutang yang jumlahnya kecil. Tanpa kita sadari ternyata kita mempunyai kepuasan atau kesenangan tersendiri ketika kita berhasil membayar / melunasi hutang kita. Oleh karena itu kita bisa untuk membayar dulu hutang yang kita miliki yang berjumlah kecil setidaknya dapat membuat kita menjadi lebih semangat atau termotivasi untuk membayar hutang yang lainnya.
  3. Lakukan pembayaran yang seimbang. Ketika kalian berencana melakukan bagaimana cara untuk melunasi hutang kalian, jangan lupakan bahwa kalian juga membutuhkan dana untuk kehidupan kalian sehari-hari. Oleh karena itu kalian harus memperhatikan agar pembayaran ke depannya itu bisa seimbang dan realistis. Kita mungkin akan tahu ya ketika kita berhutang, kapan kita akan bisa membayarnya, dan apakah uang yang kita miliki bisa cukup untuk membayar hutang yang kita miliki. Nah baru kalian bisa menentukan kira-kira yang terlebih dahulu akan kalian bayar adalah hutang yang berjumlah kecil, atau hutang yang malah bunganya sangat besar.
  4. Tetap pada rencana yang telah dibuat. Ketika kalian memang sudah memiliki hutang, kalian harus benar-benar membuat rencana keuangan sehingga bisa tetap terbagi dengan baik antara kebutuhan kalian dan kebutuhan untuk membayar hutang tersebut. Sehingga kalian juga bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup dengan baik ya.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *