Polusi, debu, stress, perubahan hormon dan bahan kimia dalam produk kecantikan ialah faktor-faktor yang menyebabkan kondisi kulit wajah menjadi sensitif. Mulai dari jenis kulit wajah sensitif berjerawat, kulit wajah sensitif berminyak, sampai kulit wajah sensitif dan kering.

Semua tipe kulit wajah ini akan mudah mengalami iritasi. Jika tidak hati-hati merawatnya, kulit wajah sensitif akan rentan berjerawat dan meradang. Kering bersisik, mengelupas dan bahkan gatal-gatal loh.

Untuk mencegah kulit wajah yang sensitif menjadi semakin parah, kamu perlu ekstra hati-hati merawat kulit sensitif. Buat kamu yang masih bingung gimana cara ngerawatnya, yuk disimak sampai habis ya.

  1. Pastikan kamu selalu memenuhi kembali kelembaban kulit sensitif kamu salah satunya dengan menggunakan pelembab secara rutin ya. Pelembab dapat membantu mengurangi resiko iritasi dan memperkuat fungsi penghalang kulit pada orang yang memiliki kulit sensitif. Meski begitu kamu harus berhati-hati didalam memilih pelembab yang ada di pasaran. Khususnya terhadap produk pelembab yang kandungan kimianya terlalu berat atau yang mengandung parvo. Gunakanlah pelembab wajah tanpa pewangi dan tidak menyebabkan alergi. Cari tahu zat dan senyawa kimia mana yang menimbulkan reaksi pada kulit kamu, dan catatlah dalam daftar belanja. Sehingga kamu bisa menyeleksi produk kecantikan mana yang baik untuk kulit sensitif kamu. Jangan lupa untuk melembabkan kulit 2x sehari, dan menggunakan hydrating mask sekali setiap minggunya.
  2. Semakin banyak jenis kimia yang terkandung dalam suatu produk maka akan semakin tinggi resiko reaksi pada kulit. Perawatan kulit sensitif yang juga harus dilakukan, adalah memperhatikan kandungan pada produk perawatan wajah kamu. Alangkah baiknya kulit tidak bersentuhan sekali dengan produk yang membuat kulitmu menjadi udah iritasi. Seperti yang mengandung alkohol, pewangi, citrus, glicolic acid. Biasanya produk yang tidak mengandung kandungan yang tadi itu berlabel hypo allergenic yang ramah untuk kulit sensitif. Sebaiknya sebagai pemilik kulit wajah sensitif, pilih produk-produk yang kaya dengan antioksidan sehingga dapat menghidrasi sekaligus meningkatkan perbaikan kulit. Beberapa bahan alami yang disarankan untuk kamu gunakan adalah lidah buaya, chamomile dan juga teh hijau. Karena dapat melembabkan serta menenangkan kulit wajah sensitif secara alami.Selain itu juga dapat menggunakan produk organik ya karena bisa dipastikan bahwa produk kecantikan yang organik tidak mengandung bahan kimia yang tinggi.
  3. Mengekspos kulit wajah secara rutin pada air panas dapat menyebabkan menghilangnya minyak pada kulit wajah yang berfungsi menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Jika memang dibutuhkan untuk kamu madni, atau membasuh wajah dengan air yang cukup panas, sebaiknya batasi dengan tidak menggunakannya lebih dari 10 menit, agar kulit wajahmu yang sensitif tidak mengalami dehidrasi. Jadi lebih baik coba untuk menghindari pemakaian air panas terlalu sering. Karena ini hanya akan membuat kulit sensitifmu selalu kering.
  4. Terpapar sinar matahari yang berlebihan akan memunculkan ruam di area kulit wajah kalian, bila di wajah kalian terdapat ruam atau gatal, sebisa mungkin menghindarkan bagian ruam tersebut dari paparan sinar matahari. Karena perlu diketahui, ketika muncul ruam, kulit jadi lebih mudah terkena infeksi bahkan berisiko menimbulkan dampak yang serius. Lalu terlalu sering terkena sinar matahari dapat merusak kulit terutama pada kulit wajah sensitif. Sehingga selain membatasi paparan sinar matahari ke kulit kalianpun jangan pernah lupa untuk meggunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif atau memiliki bahan-bahan yang aman untuk kulitmu. Tabir surya penting digunakan setiap hari karena kandungan pelindung UVA dan UVB dalam tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari dan akibat jangka panjang sinar matahari misalnya penuaan dini.
  5. Karena kondisi kulit yang kering dan sensitif, akhirnya banyak yang mengira jika dapat menggunakan produk pelembab yang banyak agar dapat menjaga kesehatan kulitnya. Padahal itu merupakan pendapat yang salah. Sebab terlalu berlebihan juga dapat memberikan efek samping. Banyaknya lapisan pelembab juga dapat membuat kulit kebingungan, sehingga berpotensi menimbulkan iritasi berlebih yang justru memperparah kondisi kulit. Jadi coba kurangi pemakaian produk dan fokuskan pada produk yang memang bekerja efektif pada kulitmu.
  6. Hindari melakukan eksfoliasi berlebihan. Melakukan eksfoliasi secara teratur memang dapat membantu membersihkan kotoran, debu dan polusi pada kulit. Disamping itu, eksfoliasi juga membersihkan tumpukan sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel kulit baru. Namun kamu ga bisa sembarangan memilih scrub wajah dan harus memperhatikan waktu pemakaiannya juga. Bagi pemilik kulit sensitif pilih juga scrub yang dibuat untuk kulit sensitif. Jangan tergoda dengan produk baru yang terlihat menarik, seperti klaim pembersih pori-pori jika yang terbuat dari bahan-bahan yang keras untuk kulit kamu. Gunakan juga scrub wajah hanya seminggu sekali saja ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *