Sebagai investor pemula yang baru banget masuk ke dunia saham, pasti dibuat bingung ya dengan banyaknya jumlah emiten saham yang ada di bursa saham Indonesia.
Kurang lebih ada sekitar 700 perusahaan yang tercatat di BEI, aduh banyak banget pake banget loh. Gimana cara milihnya ? Apakah harus diteliti satu per satu? Butuh waktu berapa lama dong supaya saya tau semua saham itu termasuk baik buruk , naik turun dll?
Nah saya kasih tipsnya ya.

Produk / perusahaan yang kalian kenal.
Beli dan berinvestasilah pada perusahaan yang kalian kenal baik. Secara tidak sadar perusahaan tersebut mempunyai keuangan yang sehat loh.

Ekuitasnya bertumbuh.
Coba kamu cek laporan keuangannya selama 3-5 tahun terakhir. Apakah punya ekuitas (aset bersih) yang terus bertumbuh?

Konsisten profit
Kalian pasti ga mau kan berinvestasi di perusahaan yang mengalami kerugian? Apalagi kalau kerugiannya terus terusan hehe -.-
Cari perusahaan yang profitnya konsisten dan kalau bisa naik terus dari tahun ke tahun ya.

Prospek ke depannya cerah.
Coba kalian bayangkan apakah perusahaan yang akan kalian investasikan itu 10 tahun ke depan akan terus bertumbuh dengan lebih baik, atau malah kira-kira di masa depan bisnis nya malah ga kepakai lagi akibat kemajuan zaman. Nah kalian harus berpikir ke arah situ juga ya.

Punya hutang yang rendah.
Kalian bisa cek melalui rasio likuiditas yang ada di aplikasi sekuritasnya atau bisa juga di rti ya. Apakah DER <1 dan liquidity ratio >1 ?

Bagi yang membutuhkan aplikasi keuangan atau jasa perencanaan keuangan bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *