Warren Buffet saat ini menerima hampir 50% dari saham coca-cola. Beliau sudah hold saham ini sejak tahun 1988. Beliau juga menerima yield 22% dari saham Modys karena beliau hold saham ini sejak tahun 2000. Jika teman-teman penasaran bagaimana caranya, simak terus ya.

Saya tidak akan bahas saham lokal biarpun tetap bisa. Tapi saham terbaik saat ini contohnya BBRI pun hanya bagi dividen setahun sekali.

Investasi dividen adalah ilmu yang seharusnya gratis bagi semua orang yang ingin belajar, karena saya dulu juga mempelajarinya secara otodidak. Tapi di kemudian hari mungkin saja ada orang yang akan menggunakan teknik investasi dividen seperti ini dengan kemasan seminar atau dengan jualan buku.

Semua saham berikut bisa kalian beli dengan dana $50 atau sekitar 700ribuan dengan sistem pecahan lembar saham. Karena kemudahan daftarnya dan fee jual beli yang gratis di Etoro. Kalian bisa pelajari lebih lanjut.

Disclaimer : saya bukan orang Etoro. Saya menggunakan Etoro karena cara daftarnya yang mudah, minimal beli saham flat hanya $50 gratis tanpa kena komisi dan adanya CS berbahasa indonesia. Mohon untuk dibaca dulu ya sampai mengerti, saya tidak bertanggungjawab atas kerugian apapun yang mungkin disebabkan oleh Etoro.

Saham yang pertama yaitu NIKE (NKE) perusahaan ini per Agustus ini dividennya hanya 1%. Namun jika teman-teman sudah hold dari 20 tahun yang lalu, saat ini yield yang kita terima dari posisi beli pertama kita, sudah di sekitar 20%. Jika kalian beli NIKE 10 tahun yang lalu, dividen yield kalian bisa sekitar 5%.

Jadi kuncinya adalah dividen per lembar yang semakin besar setiap tahun, atau jumlah dividen yang dibagi perusahaan selalu ditingkatkan. Jika kalian membeli perusahaan yang rutin bagi dividen, tapi jumlahnya naik turun, maka kalian tidak akan bisa mempunyai pertumbuhan yield seperti di saham NIKE ini.

Saham berikutnya yaitu MC Donalds (MCD) saat Agustus ini yield nya di sekitar 2,6%. Jika hold MCD sejak 20 tahun yang lalu, saat ini kalian memiliki yield di sekitar 15%. MCD adalah salah satu saham pembagi dividen terbaik dengan rutin menaikkan dividennya selama lebih dari 43 tahun.

Di IHSG ada saham-saham yang membagikan dividen yield yang sangat besar, tapi hati-hati ya kecuali kalian ingin dividen jangka pendek, saham-saham yang dividennya besar, seringkali tidak memiliki kenaikan dividen yang baik. Jadi walaupun yield saat ini 13% jika di masa depan dividen nya turun maka yield di masa depan juga akan turun.

Kemudian Realty Income (O) Ini merupakan saham real estate atau saham terbaik yang sering membagikan dividen dengan terus menaikan jumlah dividennya. Saat ini dividen yieldnya dikisaran 4,6%. Jika kalian hold sejak 20 tahun yang lalu, saat ini yield kalian di kisaran 22%. Hingga sekarang, menurut saya ini adalah perusahaan yang ajaib karena benar-benar berkomitmen untuk rutin membagikan dividennya sejak IPO. Saham ini sangat cocok dengan teman-teman yang sealiran dengan investasi dividen yield dimana investasi ini bisa menghasilkan cashflow yang rutin. Kelebihan utama dari dividen bulanan daripada dividen per quartal adalah kita bisa lebih cepat mengakumulasi dividen, untuk diinvestasikan kembali sehingga modal akan lebih cepat tergulung.

Di indonesia contohnya UNVR atau BBRI, walaupun dividennya bagus sayangnya mereka hanya bagi dividen nya setahun sekali. Ini terlalu lama bagi investor dividen.

Saham selanjutnya yaitu Starbucks (SBUX) adalah salah satu saham terbaik untuk investasi dividen. Saat ini memiliki dividen yield di sekitar 5,2% . Mari kita hitung yield on cost nya. Jika kalian hold saham ini sejak 2010 yang lalu, saat ini kalian akan menerima yield lebih dari 14% per tahun.

Jika kalian membutuhkan aplikasi keuangan dan juga jasa perencanaan keuangan, bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *