P2P yang akan dibahas yaitu Investree ya..
Saya akan bahas cara meminjamkan uangnya , mendapatkan bunga sampai cara mencairkan kembali ke rekening kita.

Sebelum mendaftar siapkan dulu ktp dan npwp. Cara daftarnya cukup masukan informasi seperti nama, alamat, no. telfon dll. Setelah itu upload ktp dan npwp. Data kita akan di verifikasi dan nanti setelah di verifikasi akan dikirimkan data lewat email untuk ditandatangani secara digital. Prosesnya memakan waktu selama 4 hari.

Berikutnya kita harus memasukkan uang ke Investree. Saya sudah masukan 10 juta. Caranya kita tinggal pergi ke halaman top up daripada website Investree di akun kita ya. Disitu juga dijelaskan semua cara pilihan transfer untuk bisa masuk ke Investree. Saya coba transfer ke virtual account bank CIMB Niaga dan sangat cepat banget uangnya untuk tampil di akun Investree saya.

Setelah uang kita sudah masuk saldo, kita sudah bisa mulai memberikan pinjaman ke orang-orang. Masuk ke halaman daftar pinjaman, daftar pinjaman ini adalah data-data yang bisa kita berikan pinjaman. Disitu ada daftar kolom peminjam, ini adalah inisial dari perusahaan atau orang yang mau meminjam, ada kolom total pinjaman, itu adalah total pinjaman yang diinginkan, dan slot pendanaan adalah sisa pinjaman yang bisa kita danai.

Ada juga kolom progress pendanaan, disitu terlihat berapa persen yang sudah di danai dan berapa pendana yang sudah ikut mendanai. Ada kolom grade dan rate itu berisi grade peminjam dan ini akan menentukan bunganya. Misalnya grade A itu bunganya di kisaran 13% – 14%. Sedangkan grade C itu bisa 19% ke atas. Lalu terlihat juga kolom term, itu adalah tenor atau jangka waktu pinjaman. Misalnya 55 hari, 1 bulan, 2 bulan dsb. Lalu ada kolom jenis/tujuan pinjaman yaitu tujuan dari peminjaman tersebut contoh bisnis loan yaitu tujuannya untuk berbisnis. Ada juga consumer loan itu untuk keperluan pribadi.

Untuk memberikan pinjaman, kita harus klik pinjamannya lalu masukkan berapa yang mau kita danai. Untuk bisnis loan harus kelipatan 5 juta, kalau consumer loan harus kelipatan 2 juta. Jadi saya mau di bisnis loan ya berarti harus masukan 5 juta. Setelah klik sampai setujui, kita akan diberikan sebuah surat kuasa kita juga harus klik menyetujuinya. Bisa dibaca dulu ya syarat dan ketentuannya.

Itu akan memotong saldo cash in hand yang sebelumnya sudah kita top up tadi ya. Jadi tinggal klik lanjutkan saja dan ikuti tahapannya sampai beres.

Di halaman mutasi kita bisa lihat pergerakan uang kita. Di situ terlihat juga saya sudah memasukan uang 10 juta, dan sudah mendanai pinjaman 5 juta tadi. Di halaman portfolio kita bisa semua pinjaman kita yang aktif, dan sudah dicairkan ke peminjam. Jadi tadi jangka waktu pinjaman yang saya pilih adalah antara 2-3 bulan.

Cara menghitung bunga :
Modal 5 juta
Tenor misal 48 hari
Bunga 13% per tahun
Hasilnya kurang lebih 104 ribuan.

Bunga itu akan dipotong pajak ya 15%. Tapi di Investree sendiri tidak mengenakan fee apapun jadi alias gratis.

Kalau mau mencairkan dana, anda tinggal pergi ke kolom mutasi, lalu cairkan dana lalu masukkan jumlah yang mau dicairkan. Lalu tinggal di ikuti saja sampai beres ya. Tapi ada biaya 5 ribu rupiah untuk biaya transfernya ya.

Bagi yang membutuhkan aplikasi keuangan dan juga perencanaan keuangan, silahkan komen di bawah ya.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *