Ketakutan itu menurut saya datang dari 2 hal, yaitu ketidaktahuan dan terlalu tahu.

Sekarang coba saya mau tanya sama siapapun yang bekerja, ketika anda mau masuk ke perusahaan tersebut anda pasti berpikir wah perusahaan ini keren ya. Begitu masuk wah loh ko berantakan management nya yah haha. Ko mengklaim salary susah sekali ya hehe. Artinya, ketika kita sudah terlalu tahu kitapun akhirnya menjadi takut. Ko kayanya jadi kurang menguntungkan ya.

Ketika yang tidak tahu menjadi takut itu contohnya misalkan : “eh saya mau ngambil uang di atm, gimana sih cara ngambil uang di atm?” dia menjadi takut ya. Karena tidak pernah melakukannya.

Jadi kita takut itu karena 2 alasan tadi. Namun kalau menurut saya, saya mending takut karena terlalu tahu, kenapa, karena jadi mempunyai pilihan. Kalau anda tidak tahu, anda tidak punya pilihan.

Jadi buat kalian yang hari ini merasa takut, saya juga berada di dalam waktu yang sama dengan anda. Bedanya apa, bedanya ketika saya sudah mengetahui contoh pasar saham itu seperti apa , modal kita bagaimana, kerugiannya bagaimana, kasus ini itu berita ini itu yang mempengaruhi harga, nah mendengar seperti ini pasti kalian akan tambah takut lagi kan.

Namun jadinya saya menjadi lebih mempunyai pengetahuan mengenai apa nih yang akan saya investasikan, resikonya bagaimana dll. Namun memang di dalam mencari pengetahuan tentang sesuatu itu ada resikonya yakni kesalahan, kekalahan. Tidak apa-apa, toh pada akhirnya dengan kesalahan itu kita jadi bisa memilih kan mana resiko yang sesuai dengan kita ya toh?

Jadi menurut saya ya, yang namanya ketidaktahuan itu memang tidak nyaman dan seringkali menyebabkan kerugian. Namun dibalik itu kita jadi bisa belajar dan mengetahui banyak hal berkat kesalahan dan kerugian kita dalam mempelajari sesuatu. Itu sangat bagus apalagi jika dilakukan pada saat umur kita masih muda, sehingga kita semakin banyak belajar dan ketika tua nanti, sudah banyak hal yang kita ketahui sehingga tidak menyebabkan kerugian lagi di kemudian hari.

JADI, saran saya adalah banyak belajar dan harus mencoba. Biarkan kegagalan dan kesalahan menghampiri anda. Disitulah anda akan semakin dewasa dan semakin tau dalam menghadapi perbagai persoalan khususnya keuangan di kehidupan anda.

Bagi yang membutuhkan aplikasi dan perencana keuangan bisa komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *