Kita tidak bisa memungkiri jika masih banyak orang yang menyepelekan menabung karena dianggap hanya teori semata.
Selain itu tidak sedikit juga orang yang beranggapan jika menabung itu gampang, tapi faktanya selalu saja gagal menyisihkan uang setiap bulannya.
Untuk orang yang sudah memiliki penghasilan saja pasti susah mengalokasikan dana untuk ditabung.
Apalagi bagi mereka yang masih dalam status pelajar.

Berikut ini tips sederhana bagi anda yang sulit menabung:

  1. Mulailah dari celengan uang koin
    Tips pertama adalah dengan menabung uang koin. Lumayan ya walaupun sedikit demi sedikit tapi nanti lama-lama akan menjadi bukit kok. Misalnya dengan menyisihkan uang 500 an atau 1000 an hasil sisa dari belanja. 1 bulan sekali atau 6 bulan sekali bisa menukarkan koin yang sudah terkumpul dengan uang kertas. Nah baru uang kertasnya bisa setor ditabungkan ke rekening ya. Walaupun kelihatan sepele tapi anda akan merasakah sendiri dahsyatnya uang koin jika secara rutin ditabung ya. Uang koin juga menjadi penyelamat hidup disaat benar-benar tidak ada uang.
  2. Mengatur jadwal dan uang pasti untuk ditabungkan
    Langkah ini membutuhkan kedisiplinan ya dimana sudah menetapkan tujuan dalam menabung. Misalnya dalam jangka waktu 5 tahun harus bisa memiliki nilai uang tertentu untuk membeli rumah, maka disiplinkan diri untuk mengumpulkan uang pada tanggal yang sudah ditetapkan sebagai komitmen untuk mendapatkan uang yang di targetkan sehingga dalam 5 tahun impian bisa tercapai. Selain jangka waktu, uang yang dikumpulkan juga diusahakan dalam jumlah yang sama ya setiap bulannya jadi impian bisa lebih mudah tercapainya. Jumlahnya juga harus realistis dengan penghasilan dan kebutuhan yang dimiliki.
  3. Menabung dalam bentuk investasi
    Tanpa disadari, sebenarnya menabung dalam bentuk uang kertas dalam jangka waktu yang lama memiliki resiko yaitu menurunnya nilai uang tersebut. Maka lebih aman menabungnya dalam bentuk bukan kertas yakni di investasikan ke dalam contohnya emas dan reksadana. Minimal ini membuat kekayaan tidak berkurang. Selain itu juga bisa menjadi sumber passive income dimasa mendatang ya.
  4. Memisahkan rekening khusus untuk tabungan
    Memang terkadang terdengar merepotkan ya karena harus punya tabungan dipisah-pisah segala. Namun dampak dari hal ini akan sangat terasa loh. Dimana tiba-tiba tabungan kalian bisa habis tanpa disadari. Selain itu tidak memisahkan tabungan juga membuat kalian lebih cenderung senang berbelanja loh. Karena melihat masih banyak uang di rekening.
  5. Jangan menyepelekan pengeluaran kecil
    Tidak peduli pengeluaran sekecil apapun , kalian harus tetap mencatatnya. Banyak orang yang menyepelekan pengeluaran-pengeluaran kecil dan malas untuk mencatat . Padahal inilah yang membuat orang tanpa disadari sering sekali kehabisan uang dan kebingungan uang tersebut perginya kemana atau sudah dibelanjakan apa saja.

Bagi yang membutuhkan aplikasi keuangan ataupun perencana keuangan silahkan komen di bawah ya.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *