Perkembangan teknologi dan perubahan zaman telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita, salah satunya adalah munculnya profesi baru. Bersamaan dengan itu, terancam pula profesi yang sudah ada sejak dulu. Apa saja?

Koki di Restoran Fast Food
Fast food cenderung sudah memiliki resep bakunya sendiri, sehingga pekerjaan ini bisa digantikan oleh mesin. Mesin dapat mempercepat proses masak serta menekan biaya operasional bagi perusahaan.

Kasir
Supermarket Amazon di Amerika Serikat sudah menerapkan sistem belanja mandiri. Jadi, kamu tinggal memasukan barang ke troli dan otomatis harga barang bakal dihitung oleh AI. Kamu bisa langsung bayar pakai kartu atau pembayaran digital. Jika teknologi ini mendunia, tentu pekerjaan kasir akan hilang.

Teller Bank
Saat ini, melakukan transaksi bank sangat mudah karena kamu bisa setor dan tarik tunai di mesin ATM. Kalau mau lebih praktis, transaksi bisa dilakukan lewat m-banking. Kalau makin banyak nasabah yang terbiasa menggunakan fitur tersebut, bisa-bisa profesi teller bank perlahan hilang.

Resepsionis
Kini, pekerjaan ini banyak digantikan oleh robot di Jepang. Beberapa hotel dan pusat perbelanjaan di sana sudah menerapkan cara ini. Kehadiran robot tersebut ke depannya bisa mengancam profesi resepsionis.

Agen Perjalanan
Banyaknya platform yang menyediakan tiket dan keperluan lainnya bikin liburan jadi praktis. Sayangnya, teknologi ini menggerus peran profesi agen perjalanan manual karena kebanyakan orang membeli tiket secara online.

Tergantikannya beberapa profesi tersebut dengan AI memang cukup mengkhawatirkan. Namun, kita sebagai manusia punya kesempatan lain untuk mengisi posisi baru di era digital.
Maka dari itu kamu harus meningkatkan terus kemampuan kamu agar bisa relevan di tengah perubahan zaman!

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *