Indonesia menjadi negara ke 52 yang mengumumkan warga negaranya terinfeksi virus corona. Hingga saat ini belum ada vaksin yang mampu menangkal. Maka pencegahan infeksi menjadi cara yang efektif untuk menurunkan peluang penularan. Apa saja yang harus diperhatikan?

  1. Sering cuci tangan
    Kenapa harus mencuci tangan? Virus penyebab corona bisa hidup di permukaan benda tanpa inang hingga berjam-jam. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan dapat membuat virus mati dan mencegah penyebaran.
  2. Hindari kerumunan
    Situasi dalam kerumunan dapat meningkatkan peluang tertular covid-19. Saat seseorang batuk atau bersin cairan partikel kecil keluar melalui hidung dan mulut yang mungkin terinfeksi. Jika terlalu dekat, virus berpotensi terhirup melalui udara. Setidaknya jaga jarak hingga 2 meter.
  3. Hati-hati usap wajah
    Hindari menyentuh area wajah. Tangan menyentuh banyak permukaan sehingga menyebabkan virus menempel. Jika tangan yang terkontaminasi menyentuh mata hidung atau mulut atau yang mempunyai kelenjar, potensi terinfeksi virus covid-19 semakin besar.
  4. Jaga kesehatan bernafas
    Pastikan anda dan disekitar bisa bernafas dengan baik dan sehat tanpa gangguan. Termasuk menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dengan menggunakan tissue atau masker. Atau bisa menggunakan bagian dalam siku. Jika merasa tidak sehat, gunakan masker agar tidak menulari orang lain disekitar anda. Jangan lupa ganti masker secara berkala.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *