Siapa yang sedang menjalani diet eh tiba-tiba maag nya kambuh? Perut terasa perih dan sakit. Telat makan lalu gangguan maag nya muncul.

Diet adalah mengatur pola makan atau porsi makan kita untuk tujuan tertentu. Di sini tujuan kita adalah untuk menurunkan berat badan. Orang yang punya maag itu boleh melakukan diet penurunan berat badan dengan cara yang baik dan tepat. Karena bila berat badannya berlebih itu harus diturunkan.

Waktu sedang diet usahakan makan-nya teratur, jumlah porsi makan-nya pas, kemudian tidak berlebih karena bisa menjaga berat badan menjadi lebih ideal dan menjaga supaya maag nya tidak kambuh. Saya akan berikan tips diet yang aman bagi penderita maag. Kuncinya adalah energi yang masuk itu sama dengan energi yang keluar. Jadi tidak lebih besar yang masuk dibandingkan yang keluar.

  1. Pilih makanan yang tepat
    Harus memilih makanan yang aman untuk lambung teman-teman. Misalnya tinggi protein, tinggi serat, Contohnya ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, putih telur, tahu atau tempe. Seratnya bisa mengkonsumsi buah dan sayuran. Nah harus berhati-hati juga dalam memilih buah dan sayuran. Mana buah dan sayuran yang bisa memicu asam lambung itu harus dihindari ya. Itu biasanya diri sendiri ya yang tau, jadi misalkan kalian makan apa nah perut terasa sakit dan perih. Karbohidrat hindari seperti yang manis-manis contoh cokelat kue dll. Pilihlah yang berat contoh beras merah, gandum dan biji-bijian.
  2. Mengatur porsi makan
    Bagi yang biasanya makan 3x sehari itu bisa dirubah jadi 5-6x sehari dengan porsi yang lebih kecil. Makan nya akan menjadi lebih sering tapi sedikit. Itu akan mengurangi gejala asam lambung.
  3. Perhatikan jam tidur
    Harus memperhatikan istirahat dan tidak boleh bergadang ya.
  4. Hindari makanan pedas
    Harus menghindari makanan yang bisa mencetuskan makanan yang bisa mengakibatkan maag itu muncul.
    Contohnya saya itu makanan asam dan pedas. Itu harus dihindari.
  5. Olahraga
    Pilih olahraga yang ringan contohnya joging, yoga atau berenang.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *