Pada kesempatan kali ini saya akan membahas persoalan yang banyak dialami oleh jutaan orang yaitu alasan kenapa uang anda cepat habis.

Gimana mau ngomongnya ya, namanya uang kok cepet habis terus jadi baru ada hari ini di kantong eh besoknya udah habis baru sebentar di tabungan besok udah habis jadi rekening tabungan cuma rekening transit akhirnya di tabungan cuman ada sisa minimum saldo nah inilah problem banyak orang.

Saya melakukan penelitian ada beberapa point sekurang kurangnya ada 3 yang menurut analisa saya mengapa uang seseorang itu cepat habis.
Pertama adalah anda kurang pendidikan finansial. Jadi masalah pendidikan finansial ini yang jadi masalah. Nah di indonesia khususnya masalah pendidikan finansial ini boleh dikatakan sangat minim ya harusnya diajarkan di SD ya bukan setelah anda tamat kuliah atau tamat sarjana atau S2 karena banyak sekali dari mereka itu bingung ketika terima gaji pertama kali kenapa ko gajinya cepet habis. Akhirnya nanti setelah mau menikah ga punya uang. Ini yang sering terjadi.

Jadi problem keuangan ini ga pernah selesai, akhirnya setelah nanti tua dan masa pensiunpun tetap ga pegang uang. Akhirnya mengandalkan anaknya. Ia kalau anaknya bisa berbakti kepada orang tuanya kalau tidak? Anaknya punya kehidupan masing-masing akhirnya masa tuanya sengsara, nah banyak orang seperti itu.

Masalah pendidikan finansial ini jangankan anda, para selebritis terkenal saja contoh jhony deep ini bintang terkenal. Saya dengar saat ini beliau sedang mempunyai problem finansial yang cukup parah padahal penghasilan dia sebagai seorang bintang film itu sangat sangat besar. Tetapi berapapun besar penghasilan dia ternyata pengeluaran dia jauh lebih besar. Setiap hari dia harus menghabiskan puluhan ribu US dollar untuk minum wine katanya. Untuk urusan minum wine aja sampai harus mengeluarkan ratusan juta rupiah coba ngapain?

Setiap hari harus beli jam tangan mewah harus makan enak dan mewah. Jadi menurut saya sampai setiap bulan dia harus mengeluarkan miliaran rupiah. Menurut saya sih seberapa besar dia punya penghasilan miliaranpun kalau pengeluaran miliaran akhirnya bisa minus juga.

Jadi ketika penghasilan anda 10 juta 1 bulan habis juga.Penghasilan anda 100 juta 1 bulan masih kurang juga. 1M per bulan kurang juga. Anda masalahnya dimana masalahnya adalah tidak adanya pendidikan finansial. Nah pendidikan finansial disini yaitu pastikan berapa banyak uang yang anda hasilkan itu bukan menentukan kekayaan anda tapi berapa banyak uang yang anda simpan.

Kedua disini juga saya membahas adalah anda ga biasa punya uang banyak misalkan ya contoh anda misalkan terbiasa punya penghasilan 500ribu per bulan nah tiba-tiba hari ini anda memegang 10x lipatnya. Anda akan bingung anda akan kelabakan dengan 5 juta itu nah ini harus diapain ini. Nah akhirnya mungkin anda akan mulai gatal dan panas teman-teman mulai panas traktir sana sini. Beli ini itu yang ga perlu kenapa karena anda pegang uang banyak nih. Akhirnya ujung-ujungnya uang anda terakhir ga jauh beda sama 500ribu.

Nah anda taukan masalahnya kenapa. Jadi untuk pakai 500ribu mungkin akan habis 10 bulan uang yang 5 juta tadi. Tetapi 10 bulan itu bisa habis dalam waktu sekejap. Anda butuh waktu 10 bulan untuk bekerja dan menghabiskan uang tersebut. Akhirnya anda stress sendiri. Dulu ketika uang ga banyak anda ga stress karena punya uang banyak. Nah ini problemnya dimana.

Nah jadi masalahnya bukan di jumlah uangnya tapi ada yang salah dengan cara berpikir anda. Akhirnya ini yang menjadikan anda punya uang berapa banyakpun pasti akan habis. Tidak salah dengan uang yang banyak tetapi apa yang terjadi dengan uang yang banyak ini anda harus sangat bijak. Sekali lagi sebaiknya anda saran saya di point ke 2 ini belajarlah untuk menabung atau menginvestasikan.

Anda bisa belajar cara mengunci uang anda. Nah ketika uang anda sudah terkunci dengan cara yang benar niscaya uang anda tidak akan habis. Karena apa uang itu cepat mengalir uang itu menguap begiitu cepat uang itu seperti asap. Kalo tidak segera anda tangkap tidak segera anda kondisikan tidak segera anda masukkan asap ini akan cepat menguap. Jadi anda harus segera menyelamatkan asap itu tadi.

Kalau anda tidak selamatkan sebagian ya pasti akan hilang. Nah cara menyelamatkannya ya ditabung atau investasi. Ada bisa tabung di properti, bisa tabung di sawah, bisa beli kebun. Intinya uang itu dikunci. Mungkin bisa dibelikan pohon kelapa mungkin apapun itu jenisnya pokoknya dikunci. Intinya jangan biarkan uang itu mengalir tak bersisa belikan barang-barang yang akhirnya ga punya nilai dan bisa dijual kembali ya jadi itu yang paling penting.

Selanjutnya, nah ini yang paling susah. Kena tipu.
Saya banyak denger cerita contohnya adalah TKI TKI yang kerja puluhan tahun, pas pulang eh uang habis dalam sekejap. Kena tipu. Ditawari simpanan dana di koperasi. ujung-ujungnya money game. Inilah makanya kembali lagi kurangnya pendidikan finansial. Akhirnya kalau sudah seperti ini stress dan akhirnya lingkaran setan anda harus bekerja lagi ke luar negeri untuk mengganti hutangnya.

Anda mau bekerja sampai berapa lama? Sama seperti contoh lain yakni pensiunan. Waktu anda bekerja seumur hidup puluhan tahun baik itu sebagai PNS sebagai polri dan TNI tiba-tiba anda pensiun dan ketika anda mendapatkan dana pensiun yang cukup besar, ratusan juta sampai miliaran tiba-tiba kena tipu. Usaha ini ditawari teman dll dll.

Akhirnya ya berapapun uang anda akan cepat habis.
Sekali lagi hati-hati dan konsultasilah dengan bijak.
Sekali lagi juga saran saya simpanlan uang anda dengan benar.

Jika anda butuh konsultasi keuangan bisa tulis di komen ya.
Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *