Halo semuanya.. di kesempatan kali ini saya akan curhat tentang saham bank.

Kalian semuanya pasti taulah ya saham bank bca, bri, mandiri, bni. Saya yakin pasti kalian punya minimal 1 rekening dari 4 bank yang saya sebutin tadi. Nah berapa sih bunga yang kalian dapat dari tabungan tersebut? Paling sekitar 3-4% itupun belum dipotong pajak. Atau kalian punya tabungan deposito? Nah kalau deposito itu bunganya bisa sampai 6-7% itupun juga belum dipotong pajak.

Jadi ada 1 instrumen investasi lagi yang punya potensi ngasih return jauh lebih besar daripada bunga tabungan atau bunga deposito. Yaitu ya sahamnya hehe. Jadi daripada nabung di tabungan atau deposito biasa, sekarang kita bisa nabung dengan membeli sahamnya. Emangnya seberapa menarik sih nabung di saham bank?

Nah baru di awal tahun 2019 ini bca itu harga sahamnya berhasil menembus harga tertinggi sebelumnya. Jadi di tahun 2018 harga tertinggi saham bca itu ada di 26.975 dan sekarang di tahun 2019 harga saham bca itu sudah menembus sampai 28.100 dari harga tertinggi tersebut coba deh kita tarik mundur 10 tahun terakhir.

Kan awal tahun ini viral ya 10 years challenge. Nah coba sekarang kita challenge harga saham bca 10 tahun terakhir.

Di awal tahun 2009 saham bca itu harganya cuma 3350 saja. Nah dari 3350 ke 38.100 itu pertumbuhannya sekitar 738%. kalau kita pukul rata selama 10 tahun maka kenaikan per tahunnya itu bisa dibilang sekitar 73%. Bukankah itu luar biasa?

BNI sendiri lebih amazing lagi. Dari awal tahun 2009 harga sahamnya udah naik 1310% alias bisa 12x lipat. Berarti setahun itu kenaikannya lebih dari 1x lipat dong? Nah kalau saham bri, bri sendiri 10 tahun terakhir naiknya 714% dan yang terakhir yaitu bmi naiknya itu 679% dan kalau dipukul rata berati 67% per tahun.

Nah return yang tadi saya sebutkan itu juga belum termasuk dari pembagian dividen yang rutin dibagikan setiap tahunnya. Jadi kalau kita hitung dividennya juga maka ya return nya bisa lebih tinggi daripada yang saya sebutkan tadi. Anyway kenapa sih saham bank itu bisa naik terus harganya? Pertama jelas karena prevenue dan profitnya itu selalu bertumbuh konsisten dari tahun ke tahun.

Kedua karena hampir setiap orang pasti butuh bank gitu ya baik kita perorangan maupun pelaku usaha yang butuh pendanaan. Jadi boleh dibilang ya semua orang itu pasti butuh bank. Nah tapi kebanyakan harga saham sekarang udah pada tinggi-tingginya. Apakah masih bisa naik lebih tinggi?
Well itu tergantung dari analisa kalian juga sih apakah kalian yakin bahwa saham bca bri bni mandiri itu masih bisa konsisten membuat laba di tahun-tahun kedepan?

Kalau saya sendiri sih yakin-yakkin ajaa sih. Dan kalau ngeliat secara perspektif jangka panjang, selama bank itu masih dibutuhkan, dan kinerja perusahaannya juga masih bertumbuh saya yakin sih harga sahamnya masih akan terus naik. Nah kalau kalian yakin juga maka belum telat bagi kalian untuk mulai membeli saham-saham bank yang tadi saya seebutkan.

Nah cara beli sahamnya juga ada 2 yang pertama kalian bisa menyisihkan uang kalian secara rutin setiap bulannya, jadi ketika kalian dapat penghasilan, kalian bisa membeli saham itu dengan cara mencicil. Atau cara yang kedua berarti kalian mengumpulkan uang terlebih dahulu kemudian menunggu sampai harga saham tersebut terkoreksi dan ketika harga saham tersebut terkoreksi maka kalian baru melakukan pembelian.

Kalau cara yang ke 2 ini memang butuh ekstra kesabaran untuk menunggu harga saham tersebut terkoreksi dan kalian juga punya analisa yang tajam untuk menentukan bahwa harga saham tersebut udah ada yang murah atau belum sih.

Saya sendiri punya penyesalan tersendiri ya teman-teman. Di mana saya membeli saham bank pertama saya itu setelah saya 3 tahun belajar di saham jadi selama 3 tahun saya ga sadar bahwa bank itu sahamnya begitu menarik loh. Karena saya pikir ya saham bank itu kan udah gede jadi harga saham nya pun sulit naik. Eh ternyata saya salah, ternyata kalau kita lihat harga saham bank itu cenderung naik terus dan kenaikannya pun juga lumayan loh.

Well data tadi tidak menjamin sama di 10 tahun ke depan ya, bisa aja return 10 tahun ke depan itu lebih kecil atau lebih besar juga. Karena saham itu sangat fluktuatif ya harganya.
So jika kalian ada pertanyaan dan mau gabung ke komunitas saya, silahkan komen di kolom komentar ya.
Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *