Kesempatan kali ini saya akan membahas nabung saham apa sih yang bagus di tahun 2021.

Sebenernya saat ini masih di 2020 ya teman-teman. Tapi anda bisa mempersiapkan untuk menyambut 2021 dengan nabung saham-saham yang berikut ini. Sebelum masuk lebih lanjut saya akan disclaimer terlebih dahulu yaitu bahwa hasil masa lalu tidak menjamin hasil yang sama di masa depan. Anda juga bisa profil atau loss dengan menggunakan metode saya ini. Juga jangan lupa take accountability masing-masing.

Untuk kriteria pemilihannya itu adalah sebagai berikut yang pertama ini adalah untuk pemilihan saham yang jangka panjang, jadi bila anda mau nabung itu tentunya akan yang jangka panjang yaitu asumsinya adalah di atas 5 tahun. Bila itu di bawah 1 tahun atau kurang itu jangan pakai metode ini gitu ya karena kurang maksimal. Khusus bagi anda yang pemula yang belum punya account saham. Saran saya kalau anda mau belajar harus buka account nyemplung gitu istilahnya.

Langsung bisa buka account untuk nyemplung ke saham bisa menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut dan akan saya bimbing juga ya.

Cara nabung sendiri adalah dengan cara nabung berkala. Anda dapat melakukan pembelian setiap bulannya. Atau setiap kali anda gajihan anda sisihkan dan nabung secara berkala dibelikan saham. Lalu pemilihan kriterianya sebagai berikut, pertama adalah fundamental analisis. Itu menggunakan ROE, jadi ROE ini kriterianya adalah di atas 15% ROE adalah return on equity. Jadi simpelnya ROE adalah ketika anda menyimpan uang di deposito kalau anda dapat bunga sekitar 6% nah itu ROE nya 6%.

Kriteria berikutnya adalah market capitalization di atas 20T. Market cap ini adalah jumlah saham beredar kali harga saham. Jadi intinya begini, kalau market cap nya kecil, itu biasanya sahamnya kecil dan mudah sekali dipermainkan, kalau market cap nya besar itu banyak partisipannya dan harga sahamnya lebih stabil dan tidak mudah untuk digoreng.

Berikutnya adalah saham-saham yang dipilih itu adalah dari defensive sector, atau saham-saham yang terbukti ketika marketnya atau IHSG crash itu tetap bisa stabil. Itu di sektor-sektor seperti banking, consumer goods atau retail. Saya biasanya menghindari sektor-sektor yang sahamnya itu terkait dengan komoditasnya contohnya saham sektor tambang, sektor batubara, sektor minyak, sektor energi itu biasanya saya hindari. Karena harganya sangat volatile tergantung dari harga komditasnya.

Berikutnya saya menggunakan teknikal analisis. Dalam hal ini saya menggunakan analisa trend yaitu MA 100 itu diatas MA 200 ini menggunakan chart weekly ya nanti. Nah ini untuk melihat trend nya apakah naik atau turun itu gampang sekali dengan menggunakan metode ini. Berikutnya adalah menggunakan rating, ini adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menggabungkan beberapa indikator. Ini sudah ada nanti di toolsnya nanti kita tinggal pakai saja ya ga usah pusing. Ada juga tambahan, kita akan melihat sahamnya ini setelah harga saham pada jatuh gila-gilaan ya. Jatuh sangat dalam sekali dan saya tambahkan satu kriteria yaitu last price di atas MA 200. Ini untuk filter saham-saham yang sudah rebound dan naik dari dasar jurang gitu ya heehe.

Untuk tools sendiri saya dibantu oleh yang namanya charbite.com anda dapat masuk ke website nya ya. Bisa menggunakan yang gratis namun bisa juga menggunakan yang berbayar, tentunya yang berbayar lebih menawarkan banyak keunggulan-keunggulan lainnya ya.

Saya buka chart saham ASII. Sebelum meulai saya akan set menggunakan MA 100 dan MA 200. Untuk melihat trend maka kita menggunakan chart weekly. Ubah di timeframenya dan klik yang 1 week ya. Penggunaannya simpel ya, jika anda melihat kedua garis tersebut naik, maka itu adalah uptrend. Lalu jika garisnya mulai datar dan naik turun sedikit itu artinya sideways, kemudian jika mengarah ke bawah simpel bisa dikatakan dia sedang downtrend.

Dalam saham astra bisa dilihat ada bulan-bulan jatuhnya di februari kemarin ini jatuh sangat dalam kemudian mencoba naik tapi belum balik lagi ke atas.

Lalu analisa saya dibantu dengan stock screener.
Mungkin sedikit berbeda ya dengan tampilan di anda karena saya menggunakan yang berbayar.
Jadi bisa saya rangkum, saham-saham terbaik yang bisa ditabung di tahun 2021 adalah : BBCA, BBRI, ICBP, CPIN, TOWR, ACES, SIDO.

Untuk selanjutnya mengenai bimbingan saham dan yang lainnya bisa langsung kontek saya melalui kolom komentar ya.
Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *