Kesempatan kali ini saya mau sharing topik menarik yaitu 5 cara investasi emas bagi pemula yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Teman-teman investasi emas itu adalah investasi yang paling konvensional dan yang paling tua. Sejak jaman dulu ada banyak cara untuk berinvestasi emas. Pertama anda beli lahan untuk menggali emas. Kedua mungkin anda beli peralatan, mungkin anda jualan pacul atau cangkul untuk menambang emas. Tapi sekarang untuk menambang emas itu tidak memungkinkan. Perlu izin yang sangat-sangat rumit.

Saran saya bisa melakukan 5 cara ini.

Pertama adalah anda bisa menjadi investor emas tradisional. Orang-orang yang berinvestasi emas secara tradisional, adalah orang-orang yang beli murah jual mahal. Waktu saya berumur 22 tahunan saya pertama kali melakukan investasi emas, yaitu saya beli emas saat murah, lalu kemudian saat naik saya jual, namun waktu itu masih jangka pendek dan emas itu fluktuasinya masih cukup longgar gitu ya, kalau naik naik banyak, kalau turun juga bisa turun banyak juga.

Investor atau orang-orang yang berinvestasi emas, dengan metode konvensional ini biasanya mereka tidak menyimpan emas. Targetnya bukan untuk menyimpan emas, tetapi targetnya adalah jual beli emas. Mereka beli saat murah lalu jual saat naik. Lalu nunggu lagi, saat turun beli lagi dan ketika naik jual lagi. Mereka menjual emas yang real, emas batangan. Emas antam.

Tips yang ke 2 menggunakan emas sebagai asuransi. Atau tabungan jangka panjang. Jadi anda menabung untuk tujuan tertentu menggunakan emas. Contohnya, waktu saya mau menikah sebelum saya betul-betul punya uang saya kumpulin emas. Salah satu tujuannya adalah nanti emas kawinnya adalah emas. Biar keren ya . Emas 2 kilo wess..

Tapi di sisi lain bukan hanya itu, saya harus bisa memastikan saya bisa menjaga aset saya. Supaya tidak terganggu dengan inflasi. Yaitu emas. Jadi saya kumpulin emas, mungkin buat teman-teman yang ingin traveling. Atau ingin beli mobil secara tunai, anda ingin umroh atau jalan-jalan misalkan. Tahukah anda mobil mewah yang ada di indonesia saat ini harganya ga berubah. Kalau diitung setara dengan nilai emas. Jadi kalau anda punya emas 2 kilo. Anda bisa beli mobil mercy BMW itu harganya sama ya emas 2 kilo.

Kalau emas 1 kilo. Apa? anda beli kambingpun harganya sama, dari jaman dulu sampai hari ini harganya ga berubah. Kalau dihitung dalam kepingan emas. jadi kalau anda kumpulin emas, beli emas beli lagi beli lagi dapet 2 kilo anda udah bisa beli mobil mercy. Kira-kira begitu.

Kalau anda mau beli rumah, anda harus tau rumah itu setara emas nilai berapa. Anda pasti bisa dapet misalnya rumah 3M 4M 5M itu berapa nilai emas? Anda beli emasnya, saat anda punya emasnya, anda cairkan anda bisa membeli rumah harga 5M hari ini atau bahkan 20M. Saat emas anda sudah terkumpul, nilainya sama.

Ketiga anda bisa berinvestasi emas sebagai modal kerja. Anda beli emas, lalu simpan di pegadaian , ambil uangnya lalu diputar. Nah kalau anda simpan emas, sudah pasti anda tidak bisa dapat namanya cash flow. Cash flow itu apa sih? Arus uang, uang masuk keluar. Emasnya ada fisik tapi anda tidak bisa dapatkan cash flow. Caranya dapat cash flow bagaimana? Anda taruh di pegadaian, minta uang dan uangnya diputar. Untuk apa? Misalkan jual beli barang, beli produk online lalu jual lagi. Anda bisa bikin bisnis kuliner, anda bisa taruh di bank ya lalu kemudian selain dapat bunga, ya anda juga dapat emasnya. Emasnya ga hilang.

Jadi anda dapat 2x keuntungan. Jadi teman-teman investasi menggunakan emas untuk modal kerja itu juga sangat-sangat bagus karena selain anda tidak kehilangan emas, anda juga bisa mendapatkan cash flow.

Keempat adalah anda jual beli emas sebagai distributor. Kalau anda memperhatikan emas itu kan ada 2. emas batangan dan emas perhiasan. Saya mau kasih tau 1 cerita. Ada seorang wanita yang dulunya jualan kaos lalu kemudian bangkrut. Uangnya di bawa kabur pacarnya. Lalu kemudian dia dikenalkan oleh seorang pedagang emas yang mengatakan sekarang lagi ngetrend nih emas putih, kamu punya ga teman-teman yang suka dengan emas putih. Nah coba kamu jadi distributornya, dikasih barang dititipin barang, lalu kemudian bawa koper janjian sama ibu-ibu arisan, lalu kemudian buka lapak.

Waow ada emas baru..ada emas baru..ini bagus ya..

Mereka beli tunai, waktu itu masih sangat-sangat likuid ya jadi artinya orang beli ga ada kredit. Tunai, pulang barang habis anda langsung dapat komisi hari itu juga. Bahkan wanita ini bukan hanya dapat uang tunai, tapi juga dibayar pakai emas. Apa yang terjadi? Bisnisnya menjadi besar. Bahkan dia tidak hanya menjual emas, tapi juga menjual perak. Ketika dia menjual efeknya luar biasa. Ini adalah salah satu cara untuk menjual emas sebagai distributor.

Kelima adalah anda trading emas di pasar modal. Atau sebagai trader. Trading emas itu ga sama dengan anda beli emas antam. Karena kalau anda trading emas berarti anda memprediksi fluktuasi harganya lalu anda jual saat naik, beli saat turun karena harga emas juga berfluktuasi setiap detiknya. Saat anda beli adalah saat murah dan kalau saat turun maka anda rugi, tapi ketika anda beli lalu harga emasnya naik maka anda untung.

Tetapi ini juga merupakan yang resikonya tinggi. Keuntungannya tinggi tapi resikonya juga tinggi. Anda butuh skill pengalaman dan strategi untuk bisa menguasai trading emas seperti itu. Nah diluar sana anda harus berhati-hati karena banyak sekali MLM yang menawarkan investasi seperti ini. Bahkan dikasih tunjuk bahwa mereka ini tidak pernah rugi. Padahal sebetulnya itu adalah penipuan. Long term 1 atau 2 tahun masih bagus tapi tahun 3 dan 4 mereka sudah mulai pusing nah ini adalah penipuan yang cukup banyak terjadi jadi anda harus berhati-hati.

Semoga bermanfaat ya.
Kalau ada pertanyaan silahkan komen di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *