Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi menarik bagaimana anda menilai kinerja investasi reksadana anda. Apakah untung atau tidak dan bagaimana caranya anda bisa memastikan reksadana anda mengalami pertumbuhan dari waktu ke waktu. Silahkan baca ya sampai habis.

Saya akan coba cerita banyak sekali yang bertanya kepada saya. “Saya ini agak kebingungan, saya sih sudah investasi reksadana, cuma saya sudah pilih reksadana dari sekian banyak reksadana yang saya miliki ini bagaimana caranya saya untuk memonitor reksadana saya.”

Oke. Cara yang paling gampang, setiap bulan itukan anda menerima laporan dari reksadana anda. Ketika anda menerima laporan dari reksadana itu mungkin anda tidak bisa melihat terlalu cepat karena 1 bulan gitu ya. Caranya mungkin kita review 3-6 bulan. Ketika anda memiliki reksadana yang terlalu beresiko seperti contohnya reksadana saham, maka anda review tidak harus 6 bulan menurut saya. Sedangkan jika anda memiliki reksadana yang minim resiko seperti reksadana pasar uang maka anda bisa lihat setiap bulan.

Caranya sebenarnya gampang, ketika anda mendapatkan laporan reksadana anda, anda tinggal bandingkan saja dengan beberapa reksadana pasar uang yang serupa. Coba lihat oh ternyata return nya so so. Oh ternyata cukup bagus juga pertumbuhannya. Maka anda sudah tepat berinvestasi di sana. Tapi jika anda membicarakan seperti reksadana saham, maka anda harus bandingkan reksadana saham itu dengan reksadana saingannya reksadana saham saingannya, bagaimana returnnya dan juga anda pastikan membandingkan dengan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan.

Kalau ternyata 6 bulan ini kalah, 6 bulan selanjutnya makin kalah, 6 bulan selanjutnya tambah kalah berarti sudah saatnya anda berpindah kepada reksadana saham yang lain. Tapi jika ternyata masih so so berarti anda berinvestasi pada tempat yang tepat. Karena tidak selalu dalam setiap bulan atau setiap periode reksadana yang anda miliki akan selalu mendapatkan keuntungan mengalahkan yang lainnya.

Lalu bagaimana kalau anda ingin yang sedikit lebih kompleks contohnya juga adalah saya berbagi dalam seminar reksadana saya maupun melalui reksadana online course yang saya buat, bagi teman-teman semua kita review setiap bulan kepada teman-teman yang menjadi peserta. Kita buatkan rating ataupun review setiap bulan untuk memastikan peringkat reksadana yang anda miliki. Contoh saya mengambil publis ranking reksadana pada tahun 2019 tepatnya bulan Januari. Contoh saham reksadana Januari 2019 maka yang bisa saya perlihatkan adalah ternyata untuk pemenang reksadana saham di tahun 2019 pada bulan Januari itu peringkat 1 namanya Reksadana cipta saham unggulan. Ke dua adalah reksadana HPAM saham dinamis. Ketiga adalah Star equity.

Anda tinggal memilih saja dimanakah posisi reksadana yang anda miliki. Ini merupakan alat yang saya ciptakan sendiri. Karena cukup ribet juga ya untuk perorangan pribadi melakukan sortir reksadana secara manual.

Bagi yang berminat untuk memiliki alat ini bisa kontak saya melalui whatsapp di : 08562330373
Akan ada bonus ya bagi yang mengajak rekan-rekannya.

Dalam memilih reksadana juga kita harus tau peringkatnya dibandingkan dengan misalkan 1 tahun sebelumnya. Misalkan reksadana saham pada saat ini sudah ada sampai dengan 244 reksadana. Kalau peringkatnya di bulanan jeblok, di tahunan jeblok maka itu sudah tandanya anda harus berhenti berinvestasi terlebih dahulu sembari bertanya ke manager investasinya : kalau saya lihat kenapa kamu kalah dengan pesaing kamu ya. tanya. oh pak kita sedang rebalancing portofolionya bla bla bla bla. Apa jawaban anda? Oke deh saya akan lanjut. Kalau anda rasa ga nyaman , oke saran saya adalah jangan dijual dulu tapi berikan kesempatan untuk 6 bulan ke depan dan 1 tahun ke depan, anda lihat bagaimana kinerjanya sambil anda berinvestasi di tempat lain.

Jadi ada banyak cara anda memonitoring dan ini memang sangat sulit tapi jika anda mau cara gampang seperti saran saya di awal tadi. Anda tinggal bandingkan dengan pesaing atau anda bandingkan indeks harga saham gabungan. Tapi kalau anda berbicara mengenai reksadana pasar uang anda dengan gampang tinggal lihat teman-temannya karena itu lebih mudah anda lihatnya. Tapi jika anda mau mengawal secara berkala mungkin anda harus mengolah data seperti tools yang saya sediakan , karena mengolah data itu anda harus berlangganan yang namanya bloomberg terminal so itu merupakan suatu biaya yang sangat mahal. Jadi saya sarankan jika memang anda ingin tools yang membantu anda untuk memilih berbagai jenis reksadana unggulan. Anda bisa langsung menghubungi saya untuk penjelasan selanjutnya.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *