Kali ini saya mau bahas tentang cara screening saham scalping, rekomendasi scalping.
Jenis-jenis kita main trading ada banyak, yang pertama ada scalping ada swing ada one day trading dan lain-lain.

Itu semua bergantung pada waktunya. Kalau anda biasanya swing itu jangka waktunya yang normal adalah 5 sampai 7 hari. jadi swing itu untuk jangka menengah sebutannya. Sedangkan one day trading itu biasanya yang dibeli pagi dan dijual sore hari pada saat market mau closing. Tetapi kalau scalping itu adalah main cepat untuk hitungan jam bahkan itu hitungan menit, dan kali ini kita mau menemukan saham-saham scalping caranya gimana sih.

Ini toolsnya, yang saya jelasin pertama, toolsnya ada di pakai aplikasi charting apapun. Contohnya saya pakai yang gratisan di hots, hots mobile punya mirae, dan yang perlu dikeluarin indikatornya cuma 2 yaitu moving average dan volume. Nah moving average nya itu 5 20 dan 60 tetapi kita bakal banyak pakainya yang 5 dan 20 aja.
Sedangkan volumenya, volume chart biasa. Ini kalau chart bagi yang belum tahu, warna biru dan merah itu tandanya adalah kenaikan volumenya. Jadi kalau misalkan warnanya merah, itu berarti volume turun dari periode sebelumnya.

Kali ini saya mau ambil contoh dari kejadian yang lampau, ini saya ga bikin jadi rekomendasi ya, hanya pembelajaran dari yang lampau aja. Contohnya bisa buka di Agro ya. Agro ini naik cukup tinggi di tanggal 14 September di hari senin. Naik cukup tinggi dan bisa dibilang scalping. Kita ga bisa melihatnya dari daily nya kalau untuk scalping. Kita masuk ke menit yang ada tulisan “m” nya dan ubah ke yang 5 menit. Jadi disitu , ini scalping dan jadi dia naik itu di jam 9 hingga puncaknya itu di jam 10. Ini scalping dalam hitungan jam.

Kalau anda bisa take profit itu di puncaknya anda bisa dapat sekitar 10%. Saya kasih ke rekomendasi yang bertanya ke saya itu di tanggal 11 di hari Jumatnya. Kenapa saya bisa tahu kalau si agro ini bakal naik di hari seninnya, ini ada beberapa indikator yang perlu diketahui untuk scalping. Pertama adalah masuk ke menit lima dan kita lihat di menit ke 5 5 candle terakhir sebelum closing itu hijau dan hijaunya biasanya meningkat terus membentuk tangga. Kalau kita lihat di daily biasanya bentuk candle nya bakalan hanging man kalau gak bakalan ballish block bullish back.

Nah kalau kita cari tadi di menit bentuknya bakalan kaya tangga , ke depannya biasanya akan meningkat. kita juga bisa lihat dari MA nya, kalau MA nya membentuk Golden Cross. Jadinya dia mulai memotong diatas, memotong MA 20 nya, MA yang lebih kecil yakni MA 5 memotong MA 20 nya. Tapi ga semua saham juga untuk trading scalping ini bakal mengikuti kriteria volume ini. Volume meningkat ini jadi kriteria volume itu bisa dijadikan pengecualian.

Coba kita lihat lagi dari JSKY yang sedang naik ya. Kita masuk dulu ke daily nya. Daily nya dia naik itu di tanggal 16 September doang ya. Kita lihat dari tanggal 15 Septembernya. Kenapa dia bisa menunjukkan naik. 15 September 5 candle sebelum closing membentuk hijau dan membentuk kenaikan terus ya. Nah ini dan juga MA moving average nya , kalau anda lihat moving average 5 ini bergerak di atas sempat turun dan dia akhirnya bergerak memotong moving average 20 nya. Disini agak terjadi konsolidasi dan akhirnya memotong MA 20 nya. Di saat momen candle ini di 5 menit memotong MA 20 juga , ga hanya MA 5 memotong MA 20 tapi ada candle juga yang memotong MA 5 yang disebut dengan golden cross MA 5, itu juga menjadi pertanda scalping yang bagus. Sama terjadi dengan agro tadi.

Lalu langkah berikutnya kalau ini kan udah penjelasannya. Sekarang saya mau ngajarin cara nyarinya. Kalau mau carinya di hots itu biasanya masuk ke clean search anda bisa pilih yang hanging man ataupun yang bullish back hold ini ataupun yang long white body. Itu semua menunjukkan kemungkinan besar tingkat peningkatan minat beli di akhir market yang berarti anda bisa melakukan scalping di open market keesokan harinya.

Contohnya kalau kita lihat di hanging man, kita sortir berdasarkan volume, jangan mengambil saham yang volumenya cuman 3 , cuman 50 kaya gitu ya. Paling tidak saham itu harus di atas 10 ribu ya. Setelah itu baru kita lihat satu satu. Misalkan contoh TPIA , lalu anda masuk ke multi chartnya lalu anda ketik TPIA dan anda lihat berdasarkan 5 menit chart yang sebelumnya. Apakah memenuhi kriteria yang tadi. Akan lebih bagus kalau di sini saya pasang volume, kalau dia kelihatan volumenya itu meningkat terus dari 5 candle sebelumnya itu akan bagus banget terconfirm.

Yang menjadi pertanyaan di sini adalah kalau saham tersebut lompat atau open gap di 5 menit terakhir nya maka anda bisa hindari karena biasanya keesokan harinya cenderung close gap. Apalagi jika open gap nya lompat sangat jauh.

Yang harus anda cari adalah yang 5 candle sebelumnya meningkat. Bentuknya seperti tangga hijau semua , tidak open gap , lalu MA 5 yang memotong MA 20 nya , lalu candle memotong MA 5 nya golden cross. Jadi candle nya closing di atas MA 5 nya. Lalu yang terakhir adalah volume harus meningkat terus.

Kalau anda menemukan kriteris-kriteria tersebut maka anda menemukan saham terbaik untuk scalping.


(disc.on)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *